Kompas TV regional berita daerah

BIN Kalsel Gelar Vaksinasi dari Rumah ke Rumah di Pelosok Kota Banjarmasin

Kompas.tv - 16 September 2021, 21:59 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Vaksinasi covid-19 dengan cara door to door atau mendatangi warga dari rumah ke rumah khusus dilakukan Badan Intelijen Negara Republik Indonesia di Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Banjarmasin, kamis pagi (16/9/2021).

Menyasar masyarakat di Jalan Parigi Kecil, Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan yang merupakan daerah pelosok Kota Banjarmasin jauh di perbatasan kota.

Vaksinasi rumah ke rumah sengaja diberikan sebagai upaya mendorong capaian vaksin bagi warga yang sulit akses memperoleh vaksin.

Petugas sebelumnya melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan warga dapat divaksin di rumahnya sendiri.

Baca Juga: PPKM Banjarmasin Turun ke Level III, Sekolah Tatap Muka Segera Dimulai

Seperti diakui Niah, lokasi puskesmas yang cukup jauh membuat ia dan warga lain enggan datang untuk sekedar bervaksin.

Sehingga vaksinasi dengan didatangi ke rumah disambutnya dengan baik.

“Nyaman didatangi rumah ke rumah ini, karena puskesmas jauh,” ucap Niah.

Selain dari pintu ke pintu, vaksinasi oleh BIN ini juga dilakukan secara massal di SD Gunung Meranti.

Vaksinasi diberikan untuk dosis pertama dan kedua dengan target 1.500 dosis.

“Mendukung cakupan vaksinasi di Kota Banjarmasin khususnya di Banjarmasin Selatan kita lakukan vaksinasi massal secara door to door dengan target 1.500 dalam dua hari,” terang Kaposda BIN Kalsel, Alfian P.

Baca Juga: Seperti Ini Kondisi Kebun Binatang Mini Banjarmasin Setelah Hampir Dua Tahun Tutup Akibat Pandemi

Vaksinasi menyasar warga perbatasan kota ini diharapkan program vaksinasi nasional dapat sukses menjangkau target herd immunity dari covid-19 dengan target sedikitnya 80 persen warga divaksin.

Vaksinasi inipun diapresiasi Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi, sebab menyasar warga di wilayah yang capaian vaksinnya masih rendah.

“Lokus di mana BIN menetapkan sasaran yang secara presentasi baru menyumbang 7.92 persen dari sasaran kita, semoga bisa mendongkrak,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x