Kompas TV regional berita daerah

Jateng Raih Penghargaan WTP 10 Kali Berturut-turut

Kompas.tv - 16 September 2021, 12:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai salah satu pemerintah daerah yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) atas laporan keuangan selama 10 kali berturut-turut. Atas perolehan ini, Ganjar berterima kasih terhadap para ASN lingkungan Pemprov Jateng.

Penghargaan WTP ini diraih Pemprov Jateng sejak tahun 2006 yang berarti Jawa Tengah telah mereformasi diri sejak lama. Namun sejak tahun 2011 hingga 2021 predikat WTP ini diterima Jawa Tengah secara berturut-turut selama 10 tahun.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berharap capaian ini terus menjadi tradisi bagi Pemprov Jateng dan memacu agar selalu bisa mengelola keuangan dengan tanggungjawab, transparan dan akuntabel, apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

"Terima kasih kepada kawan-kawan ASN di Provinsi Jawa Tengah yang sudah bekerja cukup keras, kalau nggak salah sejak 2011 kita bisa WTP dan berturut-turut selama 10 kali tentu ini menggembirakan ya.  Jadi artinya juga sejak jaman Pak Bibit kan ya, jadi Pemprov Jateng sudah mereform dirinya untuk mengelola keuangan negara, keuangan daerah ini dengan baik. Mudah-mudahan menjadi tradisi, dan yang lain segera juga mengikuti  agar kita kemudian bisa bertanggungjawab, transparan, akuntabel mulai dari planninng sampai deliverynya itu semua bisa berjalan dengan baik. Dan tadi pesan dari menteri keuangan juga menurut saya bagus, agar kita bertanggungjawab. Jadi kita ngerti tugas pokok fungsi kita dimana, segala prioritas pembangunan seperti apa. Apalagi dalam kondisi seperti ini (pandemi) dan kita harus melakukan adjustment dimana-mana tapi tetep harus bisa memiliki kredibilitas yang tinggi," ujar Ganjar.

Penghargaan ini sendiri diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani secara daring usai membuka acara rakernas akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2021 pada Selasa (14/9/2021) kemarin.

Selain Pemprov Jateng yang meraih 10 kali predikat WTP, ada sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah yang juga meraih penghargaan yang sama. Diantaranya Kota Surakarta, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Semarang.

#ganjarpranowo #srimulyani #kementeriankeuangan



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x