Kompas TV internasional kompas dunia

China Minta Dunia Internasional Bekerja Sama Memulihkan Afghanistan

Kompas.tv - 14 September 2021, 22:21 WIB
Penulis : Aryo bimo

JENEWA, KOMPAS.TV - Perwakilan tetap China untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Chen Xu, menekankan dunia internasional harus bekerja sama untuk mendukung pembangunan kembali Afghanistan.

"Di waktu yang sama, dunia internasional harus memperhatikan sungguh-sungguh baik urgensi bantuan kemanusiaan dan menawarkan asistensi untuk kelanjutan pengembangan Afghanistan," ujar Chen.

Pernyataan itu disampaikan Chen Xu dalam pertemuan tinggi tingkat menteri PBB di Jenewa, Swiss, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: China Tunjukkan Komitmen ke Taliban, Siapkan Bantuan Senilai Rp 441 Miliar untuk Afghanistan

Chen Xu mengatakan, Amerika Serikat dan sekutunya juga berkewajiban membantu Afghanistan dalam pemulihan ekonomi.

“Melihat situasi terkini, dunia internasional harus mendampingi Afghanistan. Amerika Serikat dan para sekutunya lebih berkewajiban membantu perekonomian, kehidupan, dan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan,” lanjutnya.

Baca Juga: Taliban: China adalah Negara yang Sangat Penting dan Kuat

Menurut Chen, bantuan dan pendampingan dunia internasional sangat dibutuhkan Afghanistan dalam mencapai stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di negara itu.

"Membantu negara mencapai stabilitas awal dan menjadi lebih baik diintegrasikan ke dalam konektivitas ekonomi dan perdagangan di wilayah tersebut, sehingga dapat mendorong pembangunan ekonomi dan sosial dan meningkatkan mata pencaharian rakyatnya," pungkas Chen.

Video Editor: Laurensius Galih



Sumber : CCTV

BERITA LAINNYA



Close Ads x