Kompas TV religi beranda islami

Mengajari Anak Agar Tidak Berbohong

Kompas.tv - 14 September 2021, 20:38 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Pada masa ini sering ditemukan anak yang berbohong bahkan untuk hal yang kecil sekalipun. Ia berkata bohong untuk pekerjaan rumah yang belum dikerjakannya, berbohong untuk nilai yang ia dapat di sekolah, tak jujur kemana ia pergi ketika pamit kepada orang tuanya.

Perbuatan yang tercela ini bila dilakukan terus menerus tanpa tertangani dengan baik dapat menjadi kebiasaan buruk yang tidak hanya merugikan dirinya sendiri namun juga orang lain.

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu menjelaskan keutamaan sikap jujur dan bahaya sikap dusta.  Ibnu Mas’ud mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta, karena sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantarkan pada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.” (HR. Muslim no. 2607)

Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x