Kompas TV nasional update corona

Bantuan 1.000 Konsentrator Oksigen dari Djarum Foundation Tangani Covid-19

Kompas.tv - 13 September 2021, 08:06 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

SEMARANG, KOMPAS.TV – Sebanyak 1.000 unit konsentrator oksigen didonasikan Djarum Foundation melalui Kementerian Perindustrian RI serta sejumlah rumah sakit di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bantuan ini sebagai upaya mengantisipasi munculnya varian baru Covid-19 yang dapat mengakibatkan lonjakan kasus Covid-19.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto kepada Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian RI, Putu Juli Ardika di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (10/9).

Baca Juga: 50 Unit Oksigen Kosentrator dari Panglima TNI Tiba di Pangkalpinang

“Sebagai sebuah korporasi yang berada dalam naungan Kementerian Perindustrian RI, kami berkomitmen untuk turut terlibat dalam program penanggulangan pandemi Covid-19 yang terus menjadi perhatian serius. Kami berharap, donasi konsentrator oksigen ini dapat mengantisipasi bilamana lonjakan pasien Covid-19 terjadi kembali. Tapi tentunya mari sama-sama kita berdoa semoga lonjakan kasus tidak terjadi lagi dan Indonesia segera keluar dari pandemi,” ujar Budiharto.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian perindustrian RI, Putu Juli Ardika menuturkan, donasi dari sektor swasta merupakan bentuk kepedulian industri dalam negeri saat menghadapi pandemi Covid-19.

Konsentrator oksigen merupakan alat yang mampu menyaring udara menjadi oksigen murni terkonsentrasi berkadar lebih dari 90 persen. Alat ini dilengkapi penyaring khusus dan regulator yang berfungsi mengatur laju oksigen sebelum dihirup oleh pasien melalui kanula hidung atau masker khusus. Konsentrator oksigen dapat digunakan bagi pasien Covid-19 yang memiliki penurunan saturasi oksigen di dalam darah pada kisaran 94 hingga 90 persen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x