Kompas TV internasional kompas dunia

Orang Skotlandia Ini Kembalikan Buku Perpustakaan setelah Meminjamnya selama 14 Tahun

Sabtu, 11 September 2021 | 21:52 WIB
orang-skotlandia-ini-kembalikan-buku-perpustakaan-setelah-meminjamnya-selama-14-tahun
Ilustrasi perpustakaan. (Sumber: Gabriel Sollmann via Unsplash.)

FIFE, KOMPAS.TV - Sebuah perpustakaan di daerah Fife, Skotlandia berhasil mendapatkan kembali buku koleksi yang telah dipinjam selama 14 tahun. Sebagaimana dilaporkan The Scotsman, Jumat (10/9/2021), kembalinya buku tersebut berawal dari kedatangan seorang pengunjung yang sudah bertahun-tahun tidak menyambangi perpustakaan.

Pengunjung yang tidak disebutkan identitasnya oleh pengelola perpustakaan itu datang untuk mencari sejumlah judul buku. Ketika berkas administratifnya dibuka, pihak perpustakaan mengetahui bahwa dia pernah meminjam sebuah buku dan belum mengembalikannya.

Buku itu adalah novel anak-anak berjudul The Amazing Maurice and His Educated Rodents karya Terry Pratchett, pengarang asal Inggris. Buku ini dipinjam pada 2007 silam.

Baca Juga: Kominfo Luncurkan Perpustakaan Digital "Ruang Buku" untuk Memacu Minat Baca Masyarakat

Peminjam mengaku lupa pernah meminjam judul tersebut. Keesokan harinya, sebagaimana dikatakan pihak perpustakaan, ia mengembalikan buku itu dalam kondisi bagus.

Kejadian ini membuat OnFife, lembaga yang mengelola perpustakaan di wilayah Fife, meminta anggota perpustakaan untuk mengecek bilamana ada judul-judul yang merupakan buku pinjaman. Yvonne Melville, penanggung jawab pengembangan layanan OnFife, menyebut bahwa perpustakaan daerah Fife telah menghapuskan denda keterlambatan bagi buku yang dipinjam selama atau sebelum pandemi COVID-19.

"Kami menganjurkan semua orang untuk mengecek rak buku mereka, bisa jadi terdapat item yang dipinjam [dari perpustakaan] sebelum lockdown, atau bahkan lebih lama dari itu," kata Melville sebagaimana dikutip The Scotsman.

"Kami akan menyambutnya dengan hangat, dan kami yakin bahwa pembaca berikutnya akan berterima kasih bahwa buku itu telah dikembalikan," imbuhnya.

Baca Juga: Perpustakaan Bukan Lagi Menjadi Gudang Buku, Tapi.....

 

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

Sumber : The Scotsman


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:29
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19