Kompas TV internasional kompas dunia

Orang Skotlandia Ini Kembalikan Buku Perpustakaan setelah Meminjamnya selama 14 Tahun

Kompas.tv - 11 September 2021, 21:52 WIB
orang-skotlandia-ini-kembalikan-buku-perpustakaan-setelah-meminjamnya-selama-14-tahun
Ilustrasi perpustakaan. (Sumber: Gabriel Sollmann via Unsplash.)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

FIFE, KOMPAS.TV - Sebuah perpustakaan di daerah Fife, Skotlandia berhasil mendapatkan kembali buku koleksi yang telah dipinjam selama 14 tahun. Sebagaimana dilaporkan The Scotsman, Jumat (10/9/2021), kembalinya buku tersebut berawal dari kedatangan seorang pengunjung yang sudah bertahun-tahun tidak menyambangi perpustakaan.

Pengunjung yang tidak disebutkan identitasnya oleh pengelola perpustakaan itu datang untuk mencari sejumlah judul buku. Ketika berkas administratifnya dibuka, pihak perpustakaan mengetahui bahwa dia pernah meminjam sebuah buku dan belum mengembalikannya.

Buku itu adalah novel anak-anak berjudul The Amazing Maurice and His Educated Rodents karya Terry Pratchett, pengarang asal Inggris. Buku ini dipinjam pada 2007 silam.

Baca Juga: Kominfo Luncurkan Perpustakaan Digital "Ruang Buku" untuk Memacu Minat Baca Masyarakat

Peminjam mengaku lupa pernah meminjam judul tersebut. Keesokan harinya, sebagaimana dikatakan pihak perpustakaan, ia mengembalikan buku itu dalam kondisi bagus.

Kejadian ini membuat OnFife, lembaga yang mengelola perpustakaan di wilayah Fife, meminta anggota perpustakaan untuk mengecek bilamana ada judul-judul yang merupakan buku pinjaman. Yvonne Melville, penanggung jawab pengembangan layanan OnFife, menyebut bahwa perpustakaan daerah Fife telah menghapuskan denda keterlambatan bagi buku yang dipinjam selama atau sebelum pandemi COVID-19.

"Kami menganjurkan semua orang untuk mengecek rak buku mereka, bisa jadi terdapat item yang dipinjam [dari perpustakaan] sebelum lockdown, atau bahkan lebih lama dari itu," kata Melville sebagaimana dikutip The Scotsman.

"Kami akan menyambutnya dengan hangat, dan kami yakin bahwa pembaca berikutnya akan berterima kasih bahwa buku itu telah dikembalikan," imbuhnya.

Baca Juga: Perpustakaan Bukan Lagi Menjadi Gudang Buku, Tapi.....

 



Sumber : The Scotsman


BERITA LAINNYA



Close Ads x