Kompas TV nasional gaya hidup

Khasiat Mengejutkan dari Ekstrak Buah Kaktus, Anti Penuaan hingga Obat Jerawat

Kompas.tv - 10 September 2021, 14:31 WIB
khasiat-mengejutkan-dari-ekstrak-buah-kaktus-anti-penuaan-hingga-obat-jerawat
Buah kaktus. Bahan dasar skincare (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ekstrak buah kaktus menyimpan banyak manfaat seperti di antaranya sebagai anti aging, menghidrasi, detoks, anti microba dan meredakan jerawat. Tak heran, ekstraknya seringkali dijadikan bahan aktif kandungan perawatan kulit.

Buah kaktus dikenal sebagai tanaman yang telah hidup 100 tahun dan sudah teruji klinis sekaligus efektif untuk mengatasi masalah kesehatan.  Bahkan dijadikan pula sebagai bahan makanan hingga mengatasi masalaha kulit di wajah. Untuk itu, salah satu ekstrak buah kaktus yang paling sering digunakan untuk skincare adalah jenis opuntia coccinellifera fruit extract.

Adapun, ekstrak buah kaktus mempunyai kandungan yang lebih kaya akan vitamin C dan ekstra melembabkan. Sebab, kaktus hidup di area padang pasir yang kering dan gersang sehingga tanamannya kaya akan komponen untuk menghidrasi atau melembabkan.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari ekstrak buah kaktus? berikut penejelasannya.

1. Anti aging

Ekstrak buah kaktus mengandung vitamin E dan asam lemak baik yang dibutuhkan sebagai bagian dari lapisan kulit atas. Kandungan tersebut diketahui bagus untuk memperkuat lapisan kulit dari pengaruh lingkungan, membantu menyehatkan kulit, serta menghambat proses penuaan.

2. Menghidrasi

Menurut dermatologist dr. Ruri Pamela, SpKK, dalam keterangan resminya, Jumat (10/9/2021), senyawa yang ada di dalam ekstrak buah kaktus mampu membuat kulit tampak lebih lembab dan kenyal sehingga cocok untuk kulit kering. Mengingat, kulit rentan mengalami dehidrasi apabila kelembapannya tidak terjaga.

Baca Juga: Budidaya Kaktus, Raup Untung Di Tengah Pandemi

3. Obati jerawat

Ekstrak buah kaktus ampuh untuk meredakan jerawat dan kemerahan atau blemish. Kandungan anti inflamasinya dapat membantu mengurangi peradangan jerawat sekitar 7-10 hari.

4. Antiinflamasi

Ekstrak buah kaktus juga mengandung anti inflamasi yang dapat meredakan kemerahan pada kulit atau kemerahan karena jerawat dan sebagainya. Kandungan anti inflamasi dan efek menenangkan dari ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Namun, pemilik kulit hipersensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan skincare mengandung ekstrak buah kaktus karena dapat menyebabkan alergi akibat komponen dalam kaktus. “Kulit yang cenderung hipersensitif dan mudah alergi, akan berisiko muncul ruam kemerahan, disertai rasa gatal setelah pemakaian beberapa hari,” kata dr. Ruri.

Ekstrak buah kaktus ini telah teruji secara klinis dapat memberikan hasil maksimal untuk kulit wajah. Menurut Co Founder AYSI, produk skincare dari Korea Selatan, Mika Isriantiani, buah kaktus sangat kaya dengan vitamin C dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

“Buah kaktus ini juga jarang terekspos sebagai key ingredients khususnya untuk skincare lokal,” ujarnya.

Baca Juga: Wajib Ketahui 5 Hal Ini Jika Ingin Memelihara Tanaman Kaktus

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x