Kompas TV feature viral

Mengenal Kanker Langka yang Menyerang Ari Lasso

Kompas.tv - 10 September 2021, 11:44 WIB
mengenal-kanker-langka-yang-menyerang-ari-lasso
Ari Lasso akan menjalani tindakan medis setelah dirawat di RS Ramsay Premier Bintaro. (Sumber: Instagram/@ari_lasso)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Seperti yang diketahui publik, musisi ternama Ari Lasso tengah mengidap penyakit kanker langka yang dinamakan DLBCL. 

Lalu, apa itu kanker DLBCL yang disebut Ari Lasso sebagai kanker langka?

Melansir dari WebMD, Jumat (10/9/2021), Diffuse Large B-cell Lymphoma atau DLBCL, adalah kanker yang dimulai pada sel darah putih yang disebut limfosit.

Kanker ini tumbuh di kelenjar getah bening, kelenjar seukuran kacang polong di leher, selangkangan, ketiak, dan di tempat lain yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Kena Kanker Jenis Langka, Ari Lasso Banjir Doa Kesembuhan dari Netizen

Kendati begitu, kanker DLBCL ini juga bisa muncul di area lain pada tubuh. Hingga saat ini, dokter masih belum tahu pasti apa yang menyebabkan DLBCL dan limfoma non-Hodgkin muncul.

Menurut para dokter, seseorang lebih mungkin mengalami DLBCL pada kondisi setengah baya atau lebih tua (rata-rata, orang didiagnosis dengan DLBCL berusia 64 tahun), seorang pria, dan bukan Asia atau Afrika-Amerika.

Kondisi lain yang bisa jadi pemicu adalah jika Anda memiliki penyakit autoimun, atau sistem kekebalan Anda melemah dengan cara lain.

Lalu, jika seseorang pernah dirawat dengan tindakan radiasi dan kemoterapi sebelumnya, atau terpapar radiasi tingkat tinggi atau bahan kimia tertentu, juga berisiko tinggi terkena DLBCL.

Gejala awal berupa benjolan di selangkangan, ketiak, atau leher. Benjolan cenderung tumbuh dengan cepat dan bisa disertai rasa sakit atau tidak.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Dapat Meningkatkan Risiko Kanker



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x