Kompas TV olahraga kompas sport

Jelang Kualifikasi FIBA World Cup 2023, PP Perbasi Kirim Timnas Basket ke Amerika Serikat

Kompas.tv - 8 September 2021, 18:53 WIB
jelang-kualifikasi-fiba-world-cup-2023-pp-perbasi-kirim-timnas-basket-ke-amerika-serikat
Timnas basket Indonesia saat berlaga di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. (Sumber: Perbasi)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai persiapan menjelang FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023, PP Perbasi berencana mengirim tim nasional (timnas) basket ke Amerika Serikat untuk pemusatan latihan. 

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih menyebut bahwa pada Oktober mendatang, para pemain timnas akan melawat ke Amerika Serikat. 

Rencananya, timnas akan menghabiskan waktu selama sebulan penuh untuk pemusatan latihan, sebelum pada 26 November nanti melakoni laga window pertama Kualifikasi FIBA World Cup 2023 di Lebanon. 

Baca Juga: Pebasket Rivaldo Tandra Pangesthio Pensiun Dini Akibat Cedera

Sebelum melakoni window kedua melawan Arab Saudi pada Februari 2022 mendatang, skuat timnas akan kembali bermain di klub masing-masing untuk fokus melakono Liga Bola Basket Indonesia 2022. 

“Timnas akan menjadi tuan rumah dan menjamu Saudi Arabia pada tanggal 1 Juli 2022 dan juga Jordania pada tanggal 4 Juli 2022. Kemudian akan dilanjutkan dengan bersaing di FIBA Asia Cup 2021," ujar Danny, dikutip dari Antara.

“Dengan jadwal-jadwal program timnas yang padat ini diharapkan IBL sebagai liga nasional dapat menyesuaikan jadwal pertandingannya”, kata dia menambahkan.

Baca Juga: Timnas Basket Turun di FIBA 3x3 World Cup U-18

Sementara itu, FIBA Asia Cup 2021 yang dimainkan di Indonesia, resmi ditangguhkan hingga Agustus tahun depan, karena situasi pandemi yang belum stabil.

Sebanyak 16 tim termasuk tuan rumah Indonesia sudah lolos ke Asia Cup 2021. Skuad Garuda akan melawan Korea Selatan, Fipina, serta Thailand di fase penyisihan Grup A. 

Selain mempersiapkan timnas senior, PP Perbasi juga serius untuk mematangkan para pemain muda. Danny Kosasi selaku perwakilan PP Perbasi menyebut akan mencari pemain berbakat dengan keliling Indonesia.  

"Kami akan keliling Indonesia. Saya yakin akan mendapat pemain sesuai kriteria," ujar Danny menambahkan.

"Indonesia itu besar, kita tidak akan kekurangan pemain kalau mau mencari dan mengumpulkan pemain terbaik guna bersaing di FIBA World Cup nanti. Kita akan cari yang tinggi-tinggi. Minimal tinggi 185 cm dan itu banyak," tandasnya.
 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x