Kompas TV nasional kriminal

1 Tahun yang Lalu Cai Changpan Berhasil Kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang yang Terbakar

Kompas.tv - 8 September 2021, 10:11 WIB
1-tahun-yang-lalu-cai-changpan-berhasil-kabur-dari-lapas-kelas-1-tangerang-yang-terbakar
Tampak Depan Lapas Kelas 1A Tangerang Kota, Tempat Cai Changpan Kabur Melalui Gorong-Gorong (Sumber: Eka Marlupy, Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

TANGERANG, KOMPAS.TV - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang yang berlokasi di Jalan Veteran, Tangerang, Banten, kebakaran pada pagi ini (8/9/2021) sekitar pukul 02.00 WIB.

Satu tahun lalu Lapas Tangerang ini memiliki catatan buruk. Tepat pada September 2020 lalu, terpidana mati kasus kepemilikkan sabu sebanyak 110 kg yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang. 

Cai berhasil kabur pada 14 September 2020. Berdasarkan penelusuran pihak Kepolisian, Cai Changpan membuat jalan keluar dengan menggali lubang menyerupai gorong-gorong.

Baca Juga: Berhasil Kabur Dari Penjara Hingga Berakhir Bunuh Diri, Siapakah Cai Changpan? - AIMAN (Bag 5)

"Dengan panjang sekitar 30 meter dan dalam (diameter) dua meter," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Senin, 5 Oktober 2020.

Polisi menemukan alat bantu berupa sekop kecil, pahat, obeng, besi, selang, pompa air dan beberapa karung yang digunakan Cai untuk melancarkan aksinya menggali lubang.

Dugaan kepolisian, alat bantu tersebut diambil Cai dari dapur di dalam sel yang sedang dalam tahap pembangunan.

"Dia pakai untuk memompa air di lubang galian," jelas Yusri.

Sebelum berhasil kabur dari penjara, Cai sempat mengajak teman satu selnya di blok D yang bersebelahan lokasi kebakaran blok C yang terjadi pagi tadi dan memakan 41 korban meninggal

Hingga kini belum diketahui secara pasti apa penyebab munculnya kobaran api di terjadi di Blok C yang merupakan hunian narapidana kasus narkoba. 

Meski demikian Kapolda Metro Jaya M Irjen Pol Fadil Imran menungkapkan setelah melihat TKP, berdasarkan pengamatan awal kebakaran terjadi karena hubungan pendek arus listrik.

"Tadi saya sudah lihat di TKP, berdasarkan pengamatan awal patut diduga terjadi hubungan pendek arus listrik, nanti kita akan dalami lagi (penyebabnya)," kata Fadil.

Baca Juga: 41 Orang Tewas dalam Kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x