Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Nasib Kurir Kian Tak Pasti, Serikat Pekerja Buat Petisi #LingdungiKurir ke Kemnaker

Selasa, 7 September 2021 | 12:39 WIB
nasib-kurir-kian-tak-pasti-serikat-pekerja-buat-petisi-lingdungikurir-ke-kemnaker
Gambar kurir Shopee membawa tumpukan barang-barang antarnya. Para kurir Shopee di wilayah Jabodetabek melakukan mogok kerja karena upah murah. (Sumber: Twitter/@PandaPindi21)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Emancipate Indonesia bersama komunitas lain membentuk Serikat Pekerja 4.0. Mereka membuat petisi #LindungiKurir sebagai bentuk keprihatinan menyuarakan kehidupan kurir yang tak pasti.

Petisi ditujukan kepada Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah yang meminta agar ada regulasi khusus untuk bisa memberikan perlindungan terhadap para kurir.

Ada lima hal dalam petisi tersebut yang diminta kepada Menaker antara lain, bantuan hukum untuk mendapatkan jaminan keselamatan kerja, skema pendapatan yang layak, beban kerja manusiawi, dan edukasi massal terhadap para pengguna jasa COD di berbagai marketplace di Indonesia. Sampai dengan Kamis (2/9/2021), petisi sudah ditandatangani 8.552 orang.

Executive Director Emancipate Indonesia Margianta Surahman menyampaikan, pendapatan kurir tak sebanding dengan ancaman dan cacian yang seringkali didapatkan.  

Mereka memaparkan, tarif kurir di wilayah Jakarta kini hanya berkisar Rp 1.700-Rp 2.000 per kilometer (km). Kondisi itu miris mengingat perannya sekarang sangat dibutuhkan di tengah meningkatnya tren belanja online, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. 

“Yang jelas, gerakan ini dilakukan agar semua kurir mendapatkan standar perlindungan yang layak, bukan malah justru dijadikan budak korporat,” jelasnya.

Para kurir

Untuk lebih jelasnya kondisi pekerjaan sebagai kurir diceritakan oleh Wahyu. Ia merupakan kurir Sicepat Express dengan tempat bertugasnya di kawasan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Upah Minim Jam Kerja Panjang, Kemnaker Janji Carikan Solusi Kurir E-commerce

Penghasilannya masih di bawah upah minimum kota (UMK) Depok yaitu, sebesar Rp 4,3 juta. Namun, ia tetap setia menjalani profesinya hingga sekarang menjadi kurir dengan status pegawai kontrak di Sicepat Express.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/Kontan.co.id


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Sekap Penjaga Sekolah, Curi Laptop

Senin, 11 Oktober 2021 | 11:03 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19