Kompas TV tekno gadget

2 Pemasok Komponen untuk Apple Terdampak Covid-19, Rilis iPhone 13 Ditunda?

Kompas.tv - 6 September 2021, 14:41 WIB
2-pemasok-komponen-untuk-apple-terdampak-covid-19-rilis-iphone-13-ditunda
Bocoran spesifikasi iPhone 13 yang dikabarkan akan rilis tahun ini. (Sumber: Lets Go Digital)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menjelang perilisan iPhone 13 yang kabarnya bakal dilakukan bulan September 2021, dua pemasok komponen di iPhone 13 malah terdampak lonjakan kasus Covid-19.

Melansir dari Forbes, Senin (6/9/2021), Wall Street Journal melaporkan bahwa pemasok kapasitor keramik multilayer (MLCC) Apple mengalami dampak lonjakan Covid-19 yang terjadi di Asia Timur.

Untuk diketahui, MLCC adalah potongan keramik kecil yang digunakan untuk mengontrol aliran listrik di dalam perangkat. Untuk ponsel sekelas iPhone 13 yang menggunakan konektivitas 5G, paling tidak membutuhkan 1.000 komponen MLCC.

Baca Juga: Segera Dirilis, iPhone 13 Dikabarkan Bisa Terhubung Langsung ke Satelit

Dua pemasok tersebut adalah Murata Manufacturing dan Taiyo Yuden Co. Taiyo Yuden terpaksa beroperasi tanpa 40 persen karyawannya. Mereka hanya beroperasi dengan 60 persen tenaga kerja.

Hal tersebut membuat pabrik tersebut mengurangi jumlah produksinya hingga lebih dari 80 persen kapasitasnya.

Sementara itu, Murata Manufacturing yang menjadi produsen MLCC terbesar di dunia, harus menutup pabrik pada minggu terakhir Agustus karena wabah Covid-19 yang meningkat.

Perusahaan yang menyumbang 40 persen pasokan MLCC di seluruh dunia ini melaporkan 98 kasus aktif di pabriknya di Fukui, Jepang.

Berkurangnya produksi komponen di pabrik Taiyo Fuden membuat perusahaan tersebut membutuhkan tambahan waktu hingga 5-10 hari untuk mengirimkan pasokan komponen.

Namun, pihak Apple sendiri belum mengumumkan tanggal perilisan iPhone 13 sehingga tidak diketahui apakah perilisan tersebut akan ditunda/diundur atau tidak.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 13 yang Dikabarkan Meluncur September 2021

Masalah pasokan komponen untuk iPhone 13 ini sebelumnya juga telah diprediksi oleh CFO Apple Luca Mestri.

“Kami memperkirakan kendala pasokan selama kuartal September lebih besar dari apa yang kami alami selama kuartal Juni. Kendala akan berdampak pada iPhone dan iPad,” ujar Luca.

Bulan lalu, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), pemasok chip terbesar Apple, mengumumkan peningkatan yang signifikan untuk harga komponen yang menyebabkan kemungkinan naiknya harga iPhone 13.

Namun, menurut Apple Insider, permasalahan menjelas rilisnya iPhone 13, seperti pasokan komponen atau krisis semikonduktor, mungkin tidak berdampak besar pada rantai pasokan Apple.

Baca Juga: Kapan Apple Rilis iPhone13? Ini Bocoran Tanggalnya



Sumber : Forbes/Apple Insider


BERITA LAINNYA



Close Ads x