Kompas TV tekno gadget

2 Pemasok Komponen untuk Apple Terdampak Covid-19, Rilis iPhone 13 Ditunda?

Senin, 6 September 2021 | 14:41 WIB
2-pemasok-komponen-untuk-apple-terdampak-covid-19-rilis-iphone-13-ditunda
Bocoran spesifikasi iPhone 13 yang dikabarkan akan rilis tahun ini. (Sumber: Lets Go Digital)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menjelang perilisan iPhone 13 yang kabarnya bakal dilakukan bulan September 2021, dua pemasok komponen di iPhone 13 malah terdampak lonjakan kasus Covid-19.

Melansir dari Forbes, Senin (6/9/2021), Wall Street Journal melaporkan bahwa pemasok kapasitor keramik multilayer (MLCC) Apple mengalami dampak lonjakan Covid-19 yang terjadi di Asia Timur.

Untuk diketahui, MLCC adalah potongan keramik kecil yang digunakan untuk mengontrol aliran listrik di dalam perangkat. Untuk ponsel sekelas iPhone 13 yang menggunakan konektivitas 5G, paling tidak membutuhkan 1.000 komponen MLCC.

Baca Juga: Segera Dirilis, iPhone 13 Dikabarkan Bisa Terhubung Langsung ke Satelit

Dua pemasok tersebut adalah Murata Manufacturing dan Taiyo Yuden Co. Taiyo Yuden terpaksa beroperasi tanpa 40 persen karyawannya. Mereka hanya beroperasi dengan 60 persen tenaga kerja.

Hal tersebut membuat pabrik tersebut mengurangi jumlah produksinya hingga lebih dari 80 persen kapasitasnya.

Sementara itu, Murata Manufacturing yang menjadi produsen MLCC terbesar di dunia, harus menutup pabrik pada minggu terakhir Agustus karena wabah Covid-19 yang meningkat.

Perusahaan yang menyumbang 40 persen pasokan MLCC di seluruh dunia ini melaporkan 98 kasus aktif di pabriknya di Fukui, Jepang.

Berkurangnya produksi komponen di pabrik Taiyo Fuden membuat perusahaan tersebut membutuhkan tambahan waktu hingga 5-10 hari untuk mengirimkan pasokan komponen.

Namun, pihak Apple sendiri belum mengumumkan tanggal perilisan iPhone 13 sehingga tidak diketahui apakah perilisan tersebut akan ditunda/diundur atau tidak.

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Forbes/Apple Insider



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19