Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Pelajar di Yogyakarta 83 Persen, Wakil Wali Kota: PTM Tunggu Kajian Epidemiologi

Kompas.tv - 5 September 2021, 19:41 WIB
vaksinasi-pelajar-di-yogyakarta-83-persen-wakil-wali-kota-ptm-tunggu-kajian-epidemiologi
Ilustrasi seorang murid sedang belajar tatap muka di sekolah. (Sumber: DEFRIATNO NEKE )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengungkapkan capaian vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di kota itu sudah 83 persen.

Meski demikian, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengungkapkan pihaknya belum memutuskan untuk memulai pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. 

Hal itu dikarenakan Pemkot Yogyakarta masih mempertimbangkan kajian dari aspek epidemiologi kasus Covid-19. 

Heroe menuturkan jika PTM tidak disiapkan secara matang, dikhawatirkan bakal menimbulkan klaster baru penularan Covid-19 .

“Khususnya kajian tentang potensi penularannya karena virus yang berkembang akhir-akhir ini adalah varian Delta yang sangat mudah menular. Makanya, kajian dari aspek epidemiologi menjadi penting,” kata Heroe Poerwadi yang dikutip dari ANTARA, Minggu (5/9/2021). 

Lebih lanjut, dia mengatakan, apabila dilihat dari pertumbuhan kasus, maka secara umum terjadi penurunan temuan kasus baru di Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Dindik dan Dinkes Lakukan Sidak Jelang PTM

Meski demikian, Heroe kembali mengingatkan bahwa siswa di Yogyakarta bukan hanya berasal dari kota saja tetapi juga dari kabupaten lain.

Sebab itu, pelaksanaan PTM harus didukung oleh kondisi lingkungan yang aman sehingga tidak terjadi potensi penularan di sekolah.

Terlebih adanya varian Covid-19 Delta yang saat ini sudah menyebar dan memiliki penularan yang cepat. 

“Langkah antisipasi yang disiapkan jika PTM digelar pun harus berbeda dengan antisipasi saat menghadapi penularan yang disebabkan varian virus sebelumnya,” tegasnya. 

Sebagai informasi, hingga Sabtu (4/9/2021), total pelajar di Kota Yogyakarta yang berusia lebih dari 12 tahun atau siswa dari jenjang SD hingga SMA/SMK dan pondok pesantren mencapai 83 persen dari total 58.000 siswa.

“Selebihnya, belum menjalani vaksinasi karena berbagai sebab seperti masih berada di luar kota atau di kampung halaman masing-masing hingga belum memperoleh izin dari orang tua,” ujar Heroe.

Secara keseluruhan, capaian vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta hingga saat ini tercatat 154 persen atau 485.000 orang.

Baca Juga: Kemenag Terbitkan Edaran soal Panduan PTM Terbatas di Madrasah dan Pesantren



Sumber : Kompas TV/ANTARA


BERITA LAINNYA



Close Ads x