Kompas TV nasional update

Satgas Sebut 5 Vaksin Indonesia Mampu Lawan Covid-19 Varian Baru

Kompas.tv - 4 September 2021, 11:51 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru bicara satgas penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia efektif melawan varian baru Covid-19.

Wiku menegaskan lima jenis vaksin Covid-19 di Indonesia pada umumnya dikembangkan dengan varian asli yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan.

Menurutnya, masih ada kemungkinan efikasi vaksin menurun saat melawan varian baru corona. Namun tetap efektif melawan varian delta dan varian lain.

"Vaksin yang dikembangkan saat ini pada umumnya menggunakan virus original (Corona asal Wuhan, Tiongkok). sehingga munculnya varian baru berpotensi untuk menurunkan angka efikasi yang telah dikeluarkan," kata Wiku di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Kamis (2/9/2021).

"Meski menurun, masyarakat tidak perlu khawatir kemampuan vaksin, khususnya terhadap kelima jenis vaksin COVID-19 yang telah digunakan di indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menegaskan bahwa standar vaksin dengan kemampuan membentuk kekebalan yang baik ialah yang memiliki nilai efikasi atau efektivitas di atas 50 persen." sambungnya.
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x