Kompas TV nasional politik

Anggota Komisi I: Skenarionya Andika Perkasa Jadi Panglima TNI dan Letjen Dudung sebagai KSAD

Kompas.tv - 3 September 2021, 16:03 WIB
anggota-komisi-i-skenarionya-andika-perkasa-jadi-panglima-tni-dan-letjen-dudung-sebagai-ksad
Tangkapan layar Mayjen TNI Kurnia Dewantara (kiri) saat dipuji KasadbJenderal Andika Perkasa. (Sumber: Youtube TNI AD)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021. Kini teka-teki sosok yang akan menggantikan Hadi mulai terkuak, dan KSAD Jenderal Andika Perkasa disebut diskenariokan menjadi orang nomor satu di TNI. 

Kemudian, posisi KSAD nanti akan diduduki oleh Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman. Dengan begitu tanda bintang di pundak Dudung akan bertambah satu, jenderal bintang empat. 

Baca Juga: Pemotor yang Halangi Ambulans Saat Bawa Bayi Kritis Ternyata Oknum TNI AD, KSAD Tegas Beri Hukuman

"Iya, skenarionya (Andika jadi Panglima TNI dan Dudung sebagai KSAD) seperti itu, cuma kita tunggu aja," kata anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono kepada Kompas TV, Kamis (3/9/2021). 

Politikus Partai Golkar itu kembali menjelaskan bahwa pernyataannya ini belum bisa dipastikan. 

"Kayaknya banyak yang bilang seperti itu. Cuma saya belum lihat suratnya, nanti kalau suratnya di tangan, saya baru bisa (memastikan)," ujarnya. 

Ia menilai kedua tokoh itu merupakah perwira tinggi TNI yang bisa diajak kerja sama dengan seluruh pihak dan rekam jejak mereka selama meniti karier di TNI pun bisa terbilang cemerlang. 

"Jadi keduanya adalah perwira tinggi TNI akan persoalan yang bisa kita ajak kerja sama, pengalamannya, track recordnya jelas untuk menempati tersebut, baik sebagai KSAD atau Panglima TNI. Tapi apapun itu keptusan presiden, itu hak prerogatif beliau," ujarnya. 

Ia mengimbau agar Kepala Negara segera mengirimkan surat terkait nama pengganti Marsekal Hadi sebelum yang bersangkutan masuk usia pensiun pada November 2021 mendatang. 

Namun, ia mengingatkan agar keputusannya bisa keluar dalam waktu dekat karena Oktober itu sudah memasuki masa reses DPR RI.

"Sebaiknya sih sebelum Pak Hadi pensiun, pak presiden sudah ada panglima yang akan datang," kata dia. 

Baca Juga: Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Isoter Di Bali

Sebelumnya, pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie menyebut, ketiga Kepala Staf berpeluang menggantikan Marsekal Hadi Tjahyanto. 

Ia menambahkan, ada PR besar menanti sang Panglima baru. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x