Kompas TV brandsight

Ini Manfaat Air Mineral yang Sangat Dibutuhkan Tubuh!

Sabtu, 4 September 2021 | 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Merebaknya pandemi Covid-19 menuntut masyarakat harus lebih ketat menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan rutin minum air mineral agar cairan dan mineral dalam tubuh tubuh tetap terjaga.

Seperti diketahui, tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Secara alami, manusia membutuhkan air untuk menjaga organ-organ bekerja secara optimal.

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat memicu gangguan kesehatan seperti sembelit, diare, kram otot, penurunan konsentrasi, gangguan detak jantung, hingga penurunan sitem kekebalan. Oleh karena itu, penting untuk minum air secara rutin seperti yang dianjurkan.

Pada orang dewasa, jumlah yang disarankan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Namun, jumlah ini bisa berbeda tergantung usia dan masing-masing kondisi tubuh.

Kualitas air mineral yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Harus air mineral yang berkualitas. Selain memberikan nutrisi untuk tubuh dan tidak mengandung kalori yang bisa menaikkan berat badan, air mineral juga mengandung mineral esensial yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh dari rutin minum air mineral setiap hari.

1. Mengatur suhu tubuh

Saat cuaca panas atau aktivitas berat seperti olahraga, tubuh kehilangan lebih banyak cairan melalui keringat.

Keringat dapat membantu tubuh manusia tetap dingin. Namun, cairan yang hilang melalui keringat harus segera digantikan dengan meminum air mineral agar suhu tubuh kembali normal.

2. Bantu menjaga kondisi jantung, otot, saraf, dan lainnya.

Kandungan mineral yang ada di dalam air mineral dalam kemasan dapat membantu menjaga fungsi-fungsi organ tubuh.

Magnesium dalam tubuh dapat membantu tubuh menghasilkan lebih dari 300 sistem enzim, mengatur reaksi biokimia dalam tubuh seperti menjaga kelenturan otot dan fungsi saraf, mengatur kadar glukosa darah, serta tekanan darah.

Potasium merupakan elektroit yang menghantarkan listrik dan membantu impuls saraf sehingga otot berkontraksi. Potasium membantu detak jantung tetap teratur, dan menjaga kerja impuls saraf dalam mengirimkan sinyal listrik ke organ-organ tubuh yang lainnya.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal berperan untuk mengatur cairan dalam tubuh. Air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu ginjal membuang limbah-limbah dari darah.

Jika seseorang tidak mendapat cukup air, limbah dan asam bisa menumpuk di dalam dan terjadi penyumbatan. Kekurangan cairan dapat menimbulkan risiko batu ginjal atau masalah kesehatan lainnya.

4. Menjaga metabolisme tubuh

Rutin minum air mineral dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Pencernaan yang sehat dapat secara maksimal menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Air mineral juga diperlukan untuk membantu mencerna serat larut yang membantu usus untuk mengeluarkan kotoran lebih mudah.

Kekurangan cairan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan asam lambung, sekaligus meningkatkan risiko penyakit maag.

5. Meningkatkan kekebalan dan mempercepat pemulihan penyakit

The American Society for Parenteral and Enteral Nutrition (ASPEN) menyebutkan, orang dewasa yang terinfeksi demam bisa kehilangan sekitar 30 ons cairan setiap 24 jam melalui keringat.

Kondisi mual, muntah, diare, batuk, dan bernapas juga memungkinkan adanya cairan tambahan yang keluar sehingga menyebabkan dehidrasi.

Jika seseorang mengalami demam, baik gejala Covid-19 atau infeksi atau penyakit lain dalam tubuh, dokter biasa menyarankan untuk minum lebih banyak air mineral.

Pasalnya, air mineral yang masuk ke dalam tubuh akan membantu mengeluarkan lendir bersama dengan kuman dari tubuh yang sakit, sekaligus mempercepat proses pemulihan penyakit.

Sebab itu, penting untuk mencukupi kebutuhan air mineral meskipun tubuh tidak merasa haus. Air mineral berperan penting dalam pemulihan tubuh dari virus Covid-19 serta merupakan bagian penting pada perawatan medis.

Air mineralnya pun harus dipastikan berkualitas, salah satunya seperti Le Minerale. Kemasannya terproteksi, terbukti dari botol yang keras sebelum dibuka, serta terdapat seal cap pada bagian tutup yang menjamin botol aman dari pemalsuan.

Pastikan kebutuhan air mineral tetap terpenuhi untuk bantu jaga kesehatan dan daya tahan tubuh!

Penulis : Elva Rini

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19