Kompas TV regional berita daerah

Catat! Ganjil Genap Bandung Berlaku di 5 Gerbang Tol Berikut

Kompas.tv - 3 September 2021, 10:21 WIB
catat-ganjil-genap-bandung-berlaku-di-5-gerbang-tol-berikut
Ilustrasi kendaraan dari arah Jakarta melewati jalan tol Cikopo-Palimanan di Jawa Barat (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Penerapan sistem ganjil genap di Bandung, Jawa Barat, berlaku akhir pekan ini: Jumat, Sabtu dan Minggu.

Ada lima gerbang tol, akses masuk Kota Bandung, yang menjadi titik pemberlakuan sistem lalu lintas ganjil genap.

Lima gerbang tol dimaksud, yakni: Gerbang Tol Pasteur, Pasir Koja, Kopo, Muhamad Toha, dan Buahbatu.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan, pelaksanaan ganjil genap itu dilakukan pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB, dan hanya berlaku pada akhir pekan.

Pemberlakuan penyekatan ganjil genap, kata Aswin, dilakukan guna menekan angka kasus Covid-19 di Kota Bandung yang kini sudah semakin menurun sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Baca Juga: 467 Personel Gabungan Kawal Penerapan Ganjil Genap di Gerbang Tol Menuju Bandung

Senda dengan Aswin, Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Rano Hadiyanto mengatakan, lima gerbang tol di atas merupakan akses favorit bagi masyarakat luar kota untuk masuk ke Ibu Kota Jawa Barat itu.

Alasan pemberlakuan sistem ganjil genap di akhir pekan, tambah Rano, karena angka volume kendaraan yang masuk berpotensi meningkat pada hari-hari tersebut.

"Pada saat 'weekend' kemungkinan lonjakan mobilitas itu cukup tinggi sehingga kita bisa mengantisipasi dengan ganjil genap," kata Rano dilansir dari ANTARA, Kamis (2/9/2021).

Pemberlakuan ganjil-genap itu, lanjut Rano, disesuaikan tanggal pada hari tersebut dengan angka terakhir pada pelat nomor kendaraan. 

"Misalnya, besok ganjil, jadi hanya yang angkanya ganjil saja yang boleh masuk, misalnya angka ujungnya 1237, itu boleh," kata Rano memisalkan.

Melancarkan pemberlakuan ganjil genap tersebut, 467 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Dinas Perhubungan disiagakan.

"Kita siapkan personel gabungan baik dari Polri, TNI dan Dishub, sebanyak 467 personel, dalam pelaksanaan ganjil-genap, untuk kendaraan yang masuk ke Kota Bandung," kata Aswin di Polrestabes Bandung, Kamis.

Baca Juga: Ingat! Uji Coba Ganjil Genap di Puncak Bogor Berlaku Hari Ini




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x