Kompas TV tekno internet

Instagram Dilaporkan Down, Tak Bisa Perbarui Timeline hingga Kirim Pesan

Kompas.tv - 2 September 2021, 21:54 WIB
instagram-dilaporkan-down-tak-bisa-perbarui-timeline-hingga-kirim-pesan
Ilustrasi penipuan giveaway Instagram. Pada Kamis (2/9/2021), Instagram dilaporkan down alias tumbang, dan menyebabkan para penggunanya, khususnya di Indonesia, tak bisa mengakses fitur-fitur yang ada di aplikasi berbagi foto dan video itu. (Sumber: Business Insider)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Instagram dilaporkan tumbang alias down sejak Kamis (2/9/2021) siang. Sejumlah pengguna, khususnya di Indonesia, mengeluh tak bisa mengakses fitur-fitur yang ada di Instagram.

"Ooooh jadi IG down. Pantes aja nungguin orang live udah satu setengah jam ga mulai-mulai," tulis pengguna dengan nama akun @lilaolila di Twitter. 

Baca Juga: Akun Instagram Sensen Hilang Usai Mengeluh Dapat Tekanan Kerja Berat dari Raffi Ahmad

Selain itu, pengguna lainnya juga melaporkan hal serupa. Akun @nasuhaalii, misalnya. Ia mengira aplikasi Instagram miliknya tidak bisa diakses karena WiFi yang digunakannya bermasalah. 

"Ternyata pake data (internet) juga sama. Fix berarti (down)~," tulis @nasuhaalii. 

Sementara pengguna lainnya mengaku masih bisa membuka aplikasi Instagram. Hanya, tidak bisa di-refresh timeline, mengirim direct message, atau melihat Instagram Stories.

Baca Juga: Per 30 Agustus 2021, Fitur "Swipe Up" Instagram Stories Akan Diganti Stiker

Sejumlah netizen Indonesia juga mengaku tak bisa mengakses Instagram via website. Bila mengakses URL Instagram.com, pengguna akan menemui jendela dengan pesan berbunyi, "Sorry, something went wrong. We're working on it and we'll get it fixed as soon as we can". ("Maaf, ada masalah. Kami sedang berupaya mengatasinya dan akan memperbaikinya secepat kami bisa.")

Berdasarkan pantauan di situs Down Detector, Instagram mulai dikeluhkan down sekitar pukul 12.00 WIB. Pada pukul 14.39 WIB, laporan Instagram down semakin tinggi dengan tercatat ada 494 laporan.

Selain di Indonesia, Instagram juga mengalami down di sejumlah negara lain. Pemilik akun Twitter @mrbrown yang berdomisili di Singapura, menuturkan, lini masanya berhenti pada feed dari satu akun saja, tidak bisa memuat unggahan dari akun lain. 

Baca Juga: Hapus Nama Suami di Instagram, Olla Ramlan: Biar Pendek Aja

Sementara itu, @bhuvanrsr dari Australia mengatakan, pengiriman pesannya terkendala. "Saya mengalami lag saat loading dan pesan tidak terkirim," ujarnya dalam bahasa Inggris. 

Dilansir dari situs Down Detector, Jakarta menjadi wilayah yang paling terdampak Instagram down hari ini. 

Selain itu, gangguan untuk akses Instagram juga dilaporkan terjadi di Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Baca Juga: Sempat Diunggah di Instagram, Ivan Gunawan Batal Buatkan Gaun Pengantin Lesti Kejora

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x