Kompas TV regional berita daerah

Prihatin Banyaknya Sampah Warga Sulap Selokan Jadi Kolam Ikan

Kompas.tv - 2 September 2021, 17:43 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Bersih dan sedap dipandang. Itulah yang terlihat di sepanjang selokan di lingkungan Sentul Kota Blitar. Selokan sepanjang 100 meter, oleh warga setempat disulap menjadi rumah bagi seribu ikan koi dan nila.

Ide pembuatan kolam ikan tersebut muncul dari keprihatinan warga setempat melihat banyaknya sampah yang menumpuk di selokan. Dari situlah warga kemudian bergotong royong untuk membersihkan sampah, dan mempercantik selokan.

Dengan penuh kesadaran warga pun mengumpulkan dana untuk dibelikan benih ikan sebelum ditebar di sepanjang aliran pembuangan air. Tak lupa  warga juga memasang jaring besi untuk menyaring sampah, sehingga aliran air tetap bersih dan ramah untuk ikan.

Setelah 1 tahun berjalan, selokan di lingkungan sentul kota blitar itu kini menjadi lebih indah, serta nyaman dipandang. Tidak hanya itu selokan yang dulunya kumuh kini bisa jadi wisata edukasi bagi anak-anak.

Meski penuh ikan namun warga dilarang untuk memancing di lokasi selokan. Pengunjung juga dilarang untuk membuang sampah di sepanjang selokan demi menjaga ekosistem air.

#blitar #ikan #selokan #sampah #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x