Kompas TV internasional kompas dunia

Lebih dari 30 Anak-anak Asal California Masih Terjebak di Afghanistan

Kompas.tv - 2 September 2021, 06:28 WIB
lebih-dari-30-anak-anak-asal-california-masih-terjebak-di-afghanistan
Beberapa keluarga beserta anak-anak mereka dievakuasi dari Bandara Kabul, Afghanistan untuk menuju Amerika Serikat pada 24 Agustus 2021. Kini masih ada lebih dari 30 anak-anak asal California yang terjebak di Afghanistan. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

SAN DIEGO, KOMPAS.TV – Lebih dari 30 anak-anak asal California, Amerika Serikat (AS), masih terjebak di Afghanistan. Anak-anak itu dan keluarga mereka pergi ke Afghanistan untuk bertemu dengan kerabat mereka, hanya beberapa minggu sebelum Taliban merebut kekuasaan.

Sejumlah anak-anak yang masih terjebak di Afghanistan ini dilaporkan oleh sekolah mereka masing-masing yang berada di San Diego dan Sacramento.

Sekolah mereka mengatakan telah melakukan kontak dengan anak-anak tersebut dan mereka khawatir telah dilupakan oleh pemerintah AS. Para pejabat mengatakan pada Rabu (1/9/2021) bahwa beberapa dari anak-anak itu lahir di AS dan merupakan warga negara AS.

Sebagian besar anak-anak dan keluarga mereka mendapatkan visa imigran khusus yang diberikan kepada warga Afghanistan yang bekerja kepada pemerintah AS atau militer AS selama dua dekade terakhir. Mereka kemudian menetap di AS. Namun pada musim semi lalu, mereka kembali ke Afghanistan untuk mengunjungi kerabat mereka.

Baca Juga: Uni Eropa Tawarkan Bantuan Dana untuk Negara Tetangga yang Tampung Pengungsi Afghanistan

Beberapa keluarga mengatakan kepada sekolah bahwa mereka telah berusaha untuk naik pesawat di Bandara Kabul, namun tidak bisa melewati pos pemeriksaan Taliban atau melalui kerumunan warga Afghanistan yang memenuhi bandara selama beberapa minggu terakhir. Hingga kemudian AS mengakhiri upaya evakuasi dan menarik pasukannya pada Senin (30/8/2021) lalu.

Di Sacramento, tercatat 27 siswa di wilayah mereka yang masih terjebak di Afghanistan.

"Angka-angka ini terus berubah dengan cepat," kata Raj Rai, juru bicara distrik sekolah di Sacramento seperti dikutip dari The Associated Press.

"Kami percaya bahwa beberapa dari keluarga ini mungkin dalam perjalanan keluar dari Afghanistan, karena kami belum dapat menghubungi sebagian dari mereka dalam beberapa hari terakhir."

Rai mengatakan distrik itu bekerja dengan pejabat terpilih untuk membantu keluarga tersebut meninggalkan Afghanistan.

Baca Juga: Biden Siap Tanggung Jawab soal Keputusan Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan

"San Juan Unified berdiri bersama komunitas Afghanistan kami dan semua orang yang mereka cintai saat ini berada di Afghanistan. Kami sangat berharap mereka cepat dan aman kembali ke AS dan kembali ke komunitas sekolah kami," ujar Rai.

Distrik Sekolah Bersatu Kota Sacramento mengatakan sebuah keluarga imigran Afghanistan dengan tiga anak terdaftar di sekolah yang berada di wilayah mereka, telah menghubungi distrik tersebut untuk meminta bantuan agar bisa keluar dari Afghanistan.

"Satu-satunya kata yang bisa saya katakan adalah memilukan," kata juru bicara distrik Tara Gallegos.

Hingga kini masih belum diketahui bagaimana anak-anak ini dan keluarganya bisa meninggalkan Afghanistan untuk kembali ke AS.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x