Kompas TV internasional kompas dunia

Cakupan Vaksinasi Meningkat Tajam, 65 Persen Warga India Sudah Divaksin Covid-19

Kompas.tv - 1 September 2021, 11:54 WIB
cakupan-vaksinasi-meningkat-tajam-65-persen-warga-india-sudah-divaksin-covid-19
Petugas kesehatan memberikan vaksin Covid-19 untuk seorang penduduk Desa Nizampur, dekat New Delhi, Selasa, 24 Agustus 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

NEW DELHI, KOMPAS.TV – India secara dramatis meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19, hingga menjangkau perdesaannya yang luas. Sekitar 65 persen dari warga India yang berjumlah hampir 1,4 miliar orang, kini telah menerima vaksin.

India telah membuka kesempatan kepada semua orang dewasa untuk mendapatkan vaksin pada bulan Mei lalu, namun ketika itu pemberian vaksinasi masih tersendat.

Namun cakupan vaksinasi mereka mulai meningkat tajam sejak pertengahan Juli lalu, dan dari hampir 120 juta suntikan telah diberikan dalam tiga minggu terakhir. Sekitar 70 persen dari jumlah suntikan tersebut berada di desa-desa India.

Baca Juga: Uni Eropa Capai Target Vaksinasi Covid-19 bagi 70 Persen Penduduk Dewasa

Meskipun laju vaksinasi meningkat tajam, namun mereka masih mengalami kendala pasokan. Para ahli mengatakan, kecil kemungkinan India akan mencapai targetnya untuk memvaksinasi semua orang dewasa pada akhir tahun.

India sudah tidak asing dengan imunisasi massal, tetapi ini adalah pertama kalinya suntikan diberikan pada skala besar-besaran dan kepada orang dewasa.

Kamalawati, seorang pensiunan akuntan pemerintah, menunggu kesempatan untuk mendapatkan vaksin di Nizampur, sebuah desa di pinggiran ibu kota India, New Delhi.

Dia mengatakan, awalnya masyarakat khawatir akan ada efek samping yang berbahaya jika mereka mendapatkan vaksin tersebut.

Administrator distrik setempat Saumya Sharma mengatakan, strategi kesadaran publik yang baru, yaitu dengan menempel stiker di rumah warga yang telah divaksinasi penuh, membuat warga tertarik untuk mendapatkan vaksin.

Baca Juga: Prancis akan Berikan Suntikan Ketiga Vaksin Covid-19 bagi 18 Juta Orang

“Itu adalah cara untuk mendorong gerakan vaksinasi. Jika Anda melihat tetangga Anda divaksinasi sepenuhnya dan ada stiker di luar rumah mereka, orang lain juga menjadi ingin divaksinasi dan mendapatkan stiker itu,” ujar Sharma seperti dikutip dari The Associated Press.

Meskipun peningkatan penerimaan vaksin di daerah pedesaan cukup menjanjikan, namun para ahli memperingatkan pandemi ini masih jauh dari selesai untuk India.

Setelah berminggu-minggu mengalami penurunan yang stabil, India mengkonfirmasi lebih dari 46.000 infeksi baru dalam satu hari, pada minggu lalu. Jumlah ini merupakan yang tertinggi dalam dua bulan terakhir.

Hanya sekitar 11 persen dari populasi besar India yang telah divaksinasi penuh. Setengah dari semua orang dewasa dan sekitar 35 persen dari total populasi telah menerima setidaknya satu suntikan.

India diharapkan memainkan peran penting dalam membuat suntikan untuk mengimunisasi dunia, tetapi menghentikan ekspor vaksin setelah mereka mengalami ledakan infeksi di dalam negeri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x