Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Indonesia dan Uni Emirat Arab Segera Lakukan Perundingan Kerjasama Ekonomi

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 08:56 WIB
indonesia-dan-uni-emirat-arab-segera-lakukan-perundingan-kerjasama-ekonomi
Presiden Jokowi disambut Putra Mahkota UEA Mohamed Bin Zayed di Istana Qasr Al Watan Abu Dhabi pada kunjungan kenegaraan di Uni Emirat Arab, Minggu (12/1/2020) (Sumber: Biro Pers Istana)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Indonesia dan Uni Emirat Arab bakal memulai perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUAE-CEPA).

Dengan adanya perjanjian ini, ke depan diharapkan tidak hanya berkontribusi terhadap peningkatan perdagangan barang dan jasa, tetapi juga bisa mendulang investasi.

Adapun peluncuran perundingan IUAE-CEPA akan dilakukan Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi dan Menteri Negara Bidang Perdagangan Luar Negeri UEA Thani bin Ahmed al-Zeyoudi pada 2 September 2021 secara hibrida di Bogor, Jawa Barat.

Keduanya akan menandatangani dokumen Pernyataan Bersama Para Menteri tentang Peluncuran Negosiasi IUAE-CEPA. Hal ini sekaligus menandai dimulainya perundingan IUAE-CEPA.

Diketahui, perundingan perdana akan digelar di Indonesia pada 2-4 September 2021.

Muhammad Lutfi mengatakan, IUAE-CEPA diharapkan dapat memperkuat hubungan kerja sama kedua negara di sektor perdagangan dan investasi. Hal ini tidak terlepas dari UEA yang merupakan mitra dagang dan investasi strategis bagi Indonesia.

Tak hanya itu,  Indonesia juga akan memanfaatkan Dubai Expo 2020 yang akan digelar pada Oktober 2021 untuk menggenjot ekspor nasional ke UEA.

”Kedua upaya tersebut akan membuka peluang lebih besar bagi penetrasi produk-produk Indonesia tidak hanya di kawasan Timur Tengah, tetapi juga Afrika dan Eropa,” kata Lutfi melalui siaran pers di Jakarta, Senin (30/8/2021).

Baca Juga: Uni Emirat Arab Investasi Rp 140 T ke Indonesia Investment Authority



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x