Kompas TV nasional berita utama

Aturan PPKM Terbaru: Mal Buka hingga Malam, Pabrik Beroperasi 100 Persen

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 06:35 WIB
aturan-ppkm-terbaru-mal-buka-hingga-malam-pabrik-beroperasi-100-persen
Ilustrasi pusat perbelanjaan dan mal yang kembali buka seiring pelonggaran pada masa perpanjangan PPKM level 3 di Jakarta. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah kembali melakukan sejumlah penyesuaian aturan selama perpanjangan PPKM level di Jawa-Bali pada 31 Agustus hingga 6 September 2021.

Penyesuaian aturan PPKM ini mengikuti informasi soal perbaikan selama periode pembatasan kegiatan sebelumnya.

“Atas kerja keras semua pihak dalam satu minggu terakhir ini sudah terjadi tren perbaikan situasi Covid-19. Tingkat positivity rate terus menurun dalam 7 hari terakhir,” beber Presiden Jokowi dalam konferensi pers daring, Senin (30/8/2021).

“Pemerintah kembali melakukan beberapa penyesuaian yang akan dijelaskan lebih rinci oleh Menko dan menteri-menteri terkait,” imbuh Jokowi.

Baca juga: Kasus Covid-19 Menurun, Berikut Penyesuaian Aturan PPKM di Jawa dan Bali untuk Seminggu ke Depan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikit membeberkan, masyarakat perlu memahami strategi mengendalikan Covid-19.

“Strategi mengubah dari pandemi ke epidemi, kita harus lebih mempersiapkan. Ya itu tadi, perubahan perilaku atau 3M, strategi deteksi yang baik 3T dan strategi vaksinasi,” ujar Menteri Budi Gunadi.

Menurut Budi, tiga strategi penanganan Covid-19 itu harus dilakukan bersamaan, tak bisa menggantungkan diri pada satu hal saja.

“Kita sudah lihat di beberapa negara yang vaksinasinya tinggi sekali, kalau mereka tidak menerapkan dengan baik strategi protokol kesehatan dan deteksi, lonjakan kasus Covid-19 bisa terulang,” jelas Budi.

Budi mengingatkan bahwa vaksin Covid-19 bukan membuat seseorang kebal dari penularan virus Corona.

“Karena vaksinasi itu bukan membuat kita kebal. Kita tetap bisa tertular dan menularkan, tapi akan membuat kita tidak usah masuk rumah sakit,” kat Budi.

Baca juga: PPKM Membuahkan Hasil, Jokowi Ingatkan Banyak Negara yang Kembali Alami Lonjakan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah memberikan penyesuaian pada beberapa hal, salah satunya mal dan pusat perbelanjaan.

"Penyesuaian kapasitas dine-in dalam mal (dari 25%) menjadi 50 persen dan waktu jam operasional mal diperpanjang (dari pukul 20.00) menjadi pukul 21.00," kata Luhut.

Selain mal, pemerintah juga akan menguji pembukaan operasi 1.000 gerai restoran di luar mal dan di ruang tertutup dengan kapasitas konsumen 25 persen dari total tempat duduk. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x