Kompas TV internasional kompas dunia

Temuan Mengejutkan Arkeologi Sisa Kota Kuno Yunani-Romawi di Dekat Alexandria, Mesir

Kompas.tv - 28 Agustus 2021, 21:12 WIB
temuan-mengejutkan-arkeologi-sisa-kota-kuno-yunani-romawi-di-dekat-alexandria-mesir
Situs arkeologi di sebuah kota komersial dan permukiman yang berasal dari era Yunani-Romawi di Alexandria, Mesir. (Sumber: Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KAIRO, KOMPAS.TV - Tim arkeologi Mesir hari Jumat (27/8/2021) menyatakan mereka menemukan berbagai peninggalan arkeologi bermutu tinggi di sebuah kota komersial dan permukiman yang berasal dari era Yunani-Romawi di kota pesisir utara Alexandria, seperti dilansir Xinhua, Sabtu (28/8/2021).

Selama pekerjaan penggalian di daerah al-Shatby, "misi tersebut menemukan ... sebuah jaringan besar terowongan dan penampung air bersih yang dicat merah muda untuk menampung air hujan, banjir, dan air tanah yang akan digunakan selama musim kemarau," kata Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir.

Waziri menambahkan, beberapa penelitian menunjukkan permukiman tersebut pernah dihuni sejak abad ke-2 sebelum Masehi (SM) hingga abad keempat Masehi (M).

Baca Juga: Mesir, Awal Mula Make Up Pertama Di Dunia

Patung yang digali dari sebuah kota komersial dan permukiman yang berasal dari era Yunani-Romawi di Alexandria, Mesir. (Sumber: Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)

Lebih lanjut, dia menuturkan sejumlah pot tembikar dan beberapa patung juga digali di lebih dari 40 sumur dan tangki di situs tersebut. Penemuan itu menunjukkan populasi besar pernah menghuni area yang lokasinya tak jauh dari Alexandria itu.

Alexandria merupakan ibu kota Mesir pada era Yunani-Romawi.

Misi tersebut juga menemukan beberapa rumah peristirahatan bagi para pelancong dan pengunjung yang menunggu mendapatkan izin untuk memasuki kota, serta rumah-rumah yang diyakini sebagai pusat pemungutan pajak, papar Waziri.

Dia melanjutkan bahwa studi awal di distrik kuno itu menemukan "situs tersebut terdiri dari jalan utama dan beberapa jalan cabang yang semuanya terhubung dengan jaringan sanitasi."

Baca Juga: Potongannya Disatukan, Isi Buku Kematian Mesir Kuno Pembungkus Mumi Berusia 2.300 Tahun Terungkap

Pot-pot tembikar yang digali dari sebuah kota komersial dan permukiman yang berasal dari era Yunani-Romawi di Alexandria, Mesir. (Sumber: Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)

Sementara itu, Direktur Jenderal Otoritas Kepurbakalaan Alexandria Khaled Abu Hamad mengatakan, kota tersebut memiliki sebuah pasar besar, toko-toko yang menjual tembikar, dan pengrajin patung.

Dia menambahkan, hampir 700 koin dan piring dalam berbagai bentuk dan sejumlah besar alat penangkap ikan juga ditemukan di kota kuno tersebut.

"Pekerjaan penggalian di kota tua ini memakan waktu sembilan bulan," kata Abu Hamad, seraya menggarisbawahi pentingnya kota tersebut dalam menghubungkan arus perdagangan antara Timur dan Barat.

 



Sumber : Xinhua


BERITA LAINNYA



Close Ads x