Kompas TV video sinau

Ikan Mati Tenggelam? Kok Bisa?

Kompas.tv - 29 Agustus 2021, 18:10 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ikan merupakan hewan dengan habitat air. Hal ini menyebabkan ikan harus bernafas menggunakan insang. Tapi, apa bisa ikan mati tenggelam?

Ikan juga dapat mati tenggelam apabila mengalami kekurangan oksigen. Secara teknis memang bukan tenggelam. Namun, mati lemas akibat dari kekurangan oksigen. 

Hewan laut jenis ikan membutuhkan oksigen larut untuk dapat bertahan hidup. Namun, ikan tidak mampu bernafas dengan baik apabila ada gangguan pada insangnya. Rusaknya insang akibat penyakit atau mata kail menyebabkan ikan bekerja lebih keras untuk bernafas. 

Beberapa jenis ikan mampu memompa air melalui insangnya saat istirahat. Namun, banyak jenis ikan yang harus berenang agar insang dapat memompa air. 

Baca Juga: Apakah Ikan Tidur?

Misalnya ikan hiu. Ikan hiu butuh sirip untuk berenang. Namun sayang, banyak nelayan yang menangkap hiu dan mengambil siripnya kemudian dilepaskan kembali ke laut. 

Hewan laut lain seperti kura-kura dan lumba-lumba mendapatkan oksigen dari udara seperti makhluk darat. Mereka sesekali muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen. 

Video Editor: Febi Ramdani
Video Grafis: Achmad Ilyas



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA


Close Ads x