Kompas TV regional berita daerah

Aplikasi Sigalang, Urus SKCK di Polres Pemalang Tinggal Klik dari Ponsel

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 22:45 WIB
Penulis : Herwanto

PEMALANG, KOMPAS.TV - Untuk memudahkan pelayanan publik saat pandemi Covid-19, Polres Pemalang meluncurkan aplikasi Siap Jaga Pemalang atau Sigalang. Melalui aplikasi ini, masyarakat di Kabupaten Pemalang bisa mendapatkan pelayanan kepolisian dari rumah hanya lewat smartphone.

Kapolda jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, yang berkesempatan melauncing aplikasi tersebut, memberi apresiasi terhadap inovasi yang digagas Polres Pemalang di tengah pandemi.

“Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur untuk warga yang melaksanakan isoman, baru kali ini ada aplikasi dari polres terkait Covid-19, ini perlu kita apresiasi,” ujarnya, Rabu (25/8).

Baca Juga: Warga Sukolilo Temukan Jenazah Bayi Mengambang di Sungai

Ia pun berharap peluncuran aplikasi ini bisa mendatangkan bermanfaat dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Sementara itu Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho menjelaskan, Aplikasi Sigalang hadir untuk memudahkan masyarakat sekaligus sebagai wujud perubahan teknologi kepolisian di era police 4.0.

"Melalui Sigalang ini masyarakat bisa memanfaatkan layanan antar BPKB, SKCK On The Spot untuk memenuhi permintaan pengurusan di tempat bagi yang memiliki keterbatasan fisik, daftar nomor darurat, termasuk 110 hingga fitur pelaporan untuk pelanggaran prokes,” ujarnya.

Selain Sigalang, Polres Pemalang kemudian juga menginisiasi Aplikasi Saestu Top, yang mengintegrasikan seluruh elemen pemerintahan di Kabupaten Pemalang dalam memberikan pelayanan cepat, terutama terhadap pasien Covid-19.

Sebab dengan aplikasi tersebut, masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri dapat menghubungi petugas untuk memenuhi kebutuhan obat, makanan serta oksigen.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x