Kompas TV nasional sosial

Rendang Warisan Budaya Tak Benda Khas Indonesia

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 21:31 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Sederet kekayaan budaya di Indonesia telah diakui dunia. Untuk warisan budaya dunia saja ada 5 yang tercatat diakui oleh UNESCO.

Yang sangat populer ada kawasan Candi Borobudur dan kawasan Candi Prambanan yang penuh dengan nilai-nilai sejarah.

Ada pula situs Manusia Purba Sangiran, Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, serta Sistem Subak sebagai lanskap budaya Bali.

UNESCO pun mencatat 4 warisan alam dunia di Indonesia, yakni Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Lorentz dan Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra.

Selain 2 kategori tadi, UNESCO juga memiliki daftar warisan budaya tak benda. Tak tanggung-tanggung, ada 11 kekayaan Indonesia yang masuk didalamnya.

Salah satunya adalah keris yang tercatat oleh UNESCO pada 2008. Keris yang merupakan sejata juga dianggap sebagai benda spiritual. Menyusul keris, alat musik angklung ikut mendapat pengakuan UNESCO pada tahun 2010.

Selain itu, mulai dari pertunjukan wayang hingga pencak silat masuk dalam kategori warisan budaya tak benda.

Nah satu lagi kekayaan Indonesia, yakni kuliner rendang tengah diperjuangkan pemerintah untuk masuk dalam daftar warisan budaya tak benda UNESCO.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan acara memasak rendang sedunia pada 21 Agustus 2021. 

Acara dipusatkan di Kota Padang, tetapi diikuti oleh perwakilan dari 5 benua secara virtual.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuat rendang semakin digemari hingga ke seluruh dunia dan menguatkan rendang untuk didaftarkan ke UNESCO.  




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x