Kompas TV regional peristiwa

Anies Baswedan Tekankan Kerja Bersama dalam Penanganan Covid-19 Tidak Hanya Pemerintah

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 14:36 WIB
anies-baswedan-tekankan-kerja-bersama-dalam-penanganan-covid-19-tidak-hanya-pemerintah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan sambutan di acara pelantikan PWNU DKI Jakarta, Rabu (25/8/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan penanganan pandemi Covid-19 tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, melainkan kerja bersama seluruh elemen.

Sebab, menurut Anies, Covid-19 tidak menular karena disposisi atau perintah tertulis seperti yang biasa terjadi dalam sistem administrasi pemerintahan. Melainkan, menular tanpa disposisi sebab langsung dari orang ke orang.

"Salah satu tantangan terbesar dalam penanganan pandemi ini adalah perlunya kerja bersama karena wabah ini tidak menular dengan disposisi. Wabah ini tidak menular dengan jalur pemerintahan, tidak," kata Anies Baswedan, Rabu (25/8/2021).

Bahkan menurut Anies, jika penanganan Covid-19 hanya dilakukan pemerintah saja yang terjadi pihaknya tidak bisa menjangkau semuanya.

Anies memaparkan hal ini saat memberi sambutan di acara pelantikan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta. Dia memandang perlu adanya ikhtiar bersama dari seluruh elemen lembaga, kelompok, dan masyarakat.

"Wabah ini menular dari orang ke orang dari satu tempat, tanpa atau dengan disposisi ini (Covid-19) bisa menular. Jadi bila ikhtiar itu hanya dilakukan oleh unsur pemerintah saja kami tidak bisa menjangkau semuanya," ujarnya.

Lebih lanjut, Anies menyampaikan apresiasinya kepada PWNU dan khususnya kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) atas partisipasi dan perannya dalam penanganan pandemi.

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut DKI Jakarta Jadi Pusat Paling Terkendali Covid-19

Bahkan, Anies juga mengapresiasi soal pelaksanaan kegiatan yang dilakukan setelah DKI Jakarta turun dari level 4 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

"Apresiasi khusus kepada PWNU DKI Jakarta karena bukan saja menetapkan waktu pelantikan dengan kondisi pandemi, tapi atas perannya selama ini di DKI Jakarta dalam penanganan pandemi," kata Anies.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x