Kompas TV internasional kompas dunia

Sudah Tiga Perempuan Afghanistan Melahirkan di Pesawat Saat Evakuasi dari Kabul

Selasa, 24 Agustus 2021 | 16:00 WIB
sudah-tiga-perempuan-afghanistan-melahirkan-di-pesawat-saat-evakuasi-dari-kabul
Seorang perempuan Afghanistan melahirkan di dalam pesawat transport militer Amerika Serikat yang membawanya dari Kabul dan mendarat di pangkalan udara Ramstein, Jerman (Sumber: the guardian)

KABUL, KOMPAS.TV - Seorang jenderal militer Amerika Serikat yang memimpin seluruh operasi evakuasi di Bandara Kabul Afghanistan mengatakan pada Senin (23/08/2021) waktu AS, sudah ada 3 perempuan yang lahir di tengah penerbangan dari bandara Kabul yang ricuh, sejak pekan lalu Taliban berkuasa.

"Data terakhir saya ada 3 (perempuan melahirkan)," kata jenderal bintang 4 Stephen Lyons pada konferensi pers di Pentagon, seperti dilansir dari New York Post pada Senin (23/08/2021).

Jenderal Lyons adalah komandan Komando Transportasi AS, tokoh sentral dalam seluruh penerbangan militer dari Bandara Kabul Afghanistan. Dia tidak memberikan rincian tambahan tentang kelahiran mereka yang dievakuasi dari Kabul, Afghanistan.

Lyons mengungkapkan sejak 14 Agustus 48.000 orang berhasil dibawa keluar dari Afghanistan, di mana 10.900 orang di antaranya diterbangkan dalam periode 12 jam pada Senin (23/08/2021) dari bandara Kabul.

Sebagian besar orang dievakuasi keluar Kabul adalah warga Afghanistan yang takut dengan gerakan militan Taliban yang menduduki seluruh negeri.

Baca Juga: Taliban Tolak Perpanjangan Waktu Evakuasi di Bandara Kabul, Amerika Serikat Kebut Penerbangan

Awak pesawat Angkatan Udara AS, dari Skuadron Angkutan Udara Ekspedisi ke-816, membantu para pengungsi menaiki pesawat C-17 Globemaster III Angkatan Udara AS untuk evakuasi Afghanistan di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, Sabtu, 21 Agustus 2021. (Sumber: Senior Airman Taylor Crul/U.S. Air Force via AP)

Seorang pejabat Pentagon mengatakan kepada The New York Post hari Senin (23/08/2021) sudah hampir 4.000 warga  Amerika Serikat yang telah diterbangkan dari Afghanistan.

“Kami tidak memiliki petugas medis di setiap penerbangan,” kata Lyons menanggapi pertanyaan terkait perempuan melahirkan saat berlangsung di bandara Kabul.

“Sangat menarik, saya sangat menghargai berita yang melaporkan bayi yang lahir saat penerbangan masuk ke (pangkalan udara) Ramstein. Faktanya, sebenarnya ada lebih dari itu,” ucapnya.

Hari Minggu (22/08/2021), seorang perempuan Afghanistan melahirkan seorang bayi perempuan di atas penerbangan evakuasi dan mendarat di Pangkalan Udara Ramstein Jerman.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV/New York Post/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19