Kompas TV advertorial

Lewat Lomba Rayakan Merdekamu, Kemendikbudristek Tanamkan Pesan Persatuan

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 10:26 WIB
lewat-lomba-rayakan-merdekamu-kemendikbudristek-tanamkan-pesan-persatuan
Rayakan Merdekamu - Video Kreatif Kategori 5 Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung. (Sumber: Youtube POLINELA)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bulan Agustus menjadi momentum yang ditunggu-tunggu rakyat Indonesia. Berbagai perlombaan dihelat pada momen kemerdekaan, seakan telah menjadi tradisi. Semua orang bersuka cita merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76.

Tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak masyarakat merayakan kemerdekaan lewat lomba “Rayakan Merdekamu”. Melalui lomba virtual, Kemendikbudristek menggelorakan kembali gema kemerdekaan yang sempat redup akibat pandemi.

Salah satu yang menarik adalah Lomba Video Karya Kreatif Kebhinekaan untuk pelajar dari tingkat SD-SMA, Mahasiswa, dan masyarakat umum.

Dalam sebuah video, seorang anak perempuan muncul dalam dengan berpakaian adat khas Sumatra Barat. Ia menari dengan anggun.


Tidak lama, dalam video yang sama si anak mengenakan pakaian adat Bali, lalu berganti dengan pakaian adat Jawa Tengah, dan berganti lagi dengan pakaian bernuansa merah putih sambil menari. Di akhir video, anak perempuan ini bernyanyi dengan merdu menyuarakan isi hatinya tentang Indonesia.

Ada pula video puisi berjudul “Indonesia” yang dibacakan dengan penuh penghayatan oleh seorang siswa SMP. Sambil membacakan puisi, dalam video ia juga mengenakan berbagai pakaian adat dari sejumlah daerah di Indonesia.

Baca Juga: Jokowi: Anggaran Pendidikan RAPBN 2022 Sebesar Rp 541,7 Triliun

Tidak hanya itu, ada pula video salah satu guru yang dengan kreatif menggabungkan sosok dirinya dengan beragam pakaian adat dalam satu layar video dan secara bergantian berbicara tentang arti kebhinekaan.

Video di atas adalah sebagian kecil dari video kreasi yang dikirimkan oleh peserta lomba “Rayakan Merdekamu”. Lomba ini diselenggarakan guna menyalakan kembali gema perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Lomba “Rayakan Merdekamu” digelar untuk mengisi ruang-ruang peringatan hari kemerdekaan yang kosong akibat pandemi Covid-19 dengan cara menyebarluaskan potret keberagaman bangsa dan menggugah semangat toleransi di ranah digital atau virtual. Lomba ini dimulai dengan tahap pengumpulan karya sejak tanggal 18 Juli – 9 Agustus 2021.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x