Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Vietnam Perketat Lockdown di Kota Ho Chi Minh, Tentara Dikerahkan

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 23:22 WIB
pemerintah-vietnam-perketat-lockdown-di-kota-ho-chi-minh-tentara-dikerahkan
Ho Chi Minh, Vietnam, memberlakukan lockdown super ketat mulai Senin, 23 Agustus 2021 dengan aturan yang melarang semua orang keluar rumah. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

HO CHI MINH, KOMPAS.TV - Pemerintah Vietnam memperketat karantina wilayah atau lockdown di Ho Chi Minh City. Tentara mulai dikerahkan untuk berjaga dan menegakkan aturan mulai Senin (23/8/2021) waktu setempat.

Ho Chi Minh kini menjadi pusat penularan wabah Covid-19 terparah di Vietnam. Pemerintah pun menerapkan pembatasan pergerakan di kota terbesar Vietnam itu sejak awal Juli 2021.

Kini, aturan makin ketat saat jumlah kasus Covid-19 terus meningkat. Pekan lalu, otoritas setempat mengatakan bahwa penegakan aturan lockdown masih belum tegas.

Baca Juga: Panik di Kota Ho Chi Minh Vietnam Jelang Lockdown dan Larangan Keluar Rumah

Saat ini, Vietnam mencatat 358.456 kasus Covid-19 dengan sekurangnya 8.666 pasien meninggal dunia. Padahal, Vietnam berhasil mengendalikan wabah tahun lalu.

Lonjakan kasus Covid-19 baru-baru ini tak lepas dari penularan di Ho Chi Minh. Kota itu menyumbang lebih dari 180 ribu atau setengah dari total kasus Covid-19 nasional.

Bahkan, Ho Chi Minh mencatatkan 80% persen total kematian akibat Covid-19 Vietnam dengan 7.010 pasien Covid-19 tewas sejauh ini.

Sebagian besar kasus Covid-19 di Vietnam saat ini memang bersumber dari Ho Chi Minh dan provinsi-provinsi industri di sekitarnya. Virus Covid-19 varian Delta mengamuk di sana sejak akhir April 2021.

Lockodown lebih ketat pun mulai berlaku Senin hari ini. Masyarakat tak boleh meninggalkan rumah, bahkan untuk membeli makanan.

Pemerintah menerjunkan tentara untuk membantu penanganan Covid-19 dengan berjaga di sepenjuru kota.

Media pemerintah menyiarkan gambar-gambar tentara bersenjata menjaga pos-pos pemeriksaan di sejumlah titik.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x