Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Ini Tips Atasi Overthingking

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 19:11 WIB
berdampak-buruk-bagi-kesehatan-ini-tips-atasi-overthingking
Ilustrasi berpikir berlebihan atau overthingking (Sumber: Kompas.tv/Ant (Pexel) )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berpikir secara berlebihan alias overthingking bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari kalau overthinking merupakan kebiasaan yang kurang baik.

Menurut Psikolog Prita Yulia Maharani, M.Psi., banyak orang menganggap kalau overthinking merupakan kebiasaan baik yang bertujuan untuk berhati-hati sebelum mengambil keputusan.

"Padahal, terlalu sering berpikir berlebihan terutama untuk hal sepele bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan dan lama-kelamaan akan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti jadi sulit tidur karena terus kepikiran," tutur psikolog dari aplikasi Riliv itu dalam keterangannya, Senin (23/8/2021).

Untuk itu, apabila Anda merasa pikiran terlalu penuh dan hati tidak tenang karena terus-menerus overthinking, berikut empat cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya:

1. Berjalan kaki

Saat Anda berjalan kaki, Anda akan fokus pada proses berjalan kaki, menghirup dan mengeluarkan napas yang Anda lakukan, suara alam, dan pemandangan yang Anda lihat. Pikiran-pikiran buruk pun beralih menjadi fokus sensasi alam yang ada di sekitar Anda.

2. Melakukan meditasi

Melakukan meditasi juga terbukti membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Terdapat banyak jenis meditasi yang bisa Anda coba, namun yang paling mudah dilakukan adalah meditasi pernapasan.

Ada banyak meditasi online yang bisa Anda gunakan untuk kemudian dilakukan di rumah atau tempat yang menurut Anda nyaman.

Baca Juga: Sliweran Meme Overthinking, Kapan Sih Meme Pertama Ada di Dunia?



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x