Kompas TV regional viral

Mural 'Dipenjara Karena Lapar' Muncul Lagi di Tangerang, Langsung Dihapus Petugas

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 16:52 WIB
mural-dipenjara-karena-lapar-muncul-lagi-di-tangerang-langsung-dihapus-petugas
Lokasi mural bertuliskan DIPENJARA KARNA LAPAR di Jalan Gatot Subroto, kolong Fly Over Taman Cibodas, arah menuju Jatiuwung, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Menurut keterangan saksi mata, lukisan mural itu dubuat oleh sekelompok anak muda. Saat ini tulisan tersebut sudah dihapus oleh petugas (Sumber: Tribunnnews.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Fadhilah

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah mural yang diduga mirip Presiden Joko Widodo bertuliskan 404:Not Found dan mural bertuliskan 'TUHAN AKU LAPAR' dihapus, kini muncul beberapa karya jalanan serupa.

Kali ini muncul di Kota Tangerang bertuliskan 'DIPENJARA KARNA LAPAR' dengan bercat merah putih.

Lokasi mural tersebut berada di Jalan Gatot Subroto, kolong Fly Over Taman Cibodas, arah menuju Jatiuwung, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Banten.

Meski ujung-ujungnya mural itu dihapus lagi oleh petugas.

Baca Juga: Polisi Anggap Mural Mirip Jokowi di Tangerang Karya Seni, Pengejaran Pembuat Tidak Dilanjutkan

Menurut keterangan pedagang yang berjualan di dekat lokasi mural tersebut berada, mural dibuat pada Kamis (19/8/2021) malam.

Pedang itu mengaku melihat beberapa pemuda berada di lokasi sambil menggambar sesuatu di tembok.

"Kemarin malem itu, yang saya lihat ada beberapa orang di sana yang sedang menggambar memang. Awalnya saya kira mereka gambar tokoh pahlawan, karena yang dibawa cat warna merah sama putih," ujar pedagang yang enggan menyebutkan namanya, dilansir dari Tribunnews.com pada Sabtu (21/8/2021).

"Habis itu saya enggak tau lagi, kayanya tadi baru dihapus, saya tidak perhatiin soalnya itu gambar apa dan kenapa dihapus," sambungnya.

Mural tersebut diduga dihapus oleh beberapa petugas pukul 19.00 WIB. Pada pukul 22.00 WIB, mural itu sudah terhapus dengan ditiban cat berwarna putih.

Namun masih terlihat samar-samar tulisan mural tersebut, jika dilihat dari kejauhan.

Beberapa hari terakhir ini memang dianggap sebagai hari buruk bagi seniman mural di Tanah Air.

Sebab setidaknya ada tiga seni mural yang dihapus di tiga lokasi berbeda, yaitu dua di Banten tepatnya Batuceper dan tigaraksa, serta satu lagi Pasuruan.

Baca Juga: Soal Mural, Partai Demokrat Minta Pemerintah Bersikap Lebih Bijak Bukan Menghapus

Mural di kolong jembatan Batuceper menggambar wajah seorang pria, yang mirip wajah Jokowi, dengan tulisan "404:Not Found".



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x