Kompas TV internasional kompas dunia

Kota Ho Chi Minh di Vietnam Segera Lockdown Super Ketat, Tidak Ada yang Boleh Keluar Rumah

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 23:33 WIB
kota-ho-chi-minh-di-vietnam-segera-lockdown-super-ketat-tidak-ada-yang-boleh-keluar-rumah
Ho Chi Minh Vietnam segera berlakukan lockdown super ketat mulai Senin, 23 Agustus 2021, semua orang tidak boleh keluar rumah, seperti dilansir Straits Times (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANGKOK, KOMPAS.TV - Pusat ekonomi Vietnam Kota Ho Chi Minh melarang orang meninggalkan rumah mereka mulai Senin depan (23/08/2021). Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan harian infeksi Covid-19 yang melewati angka 10.000 per hari, demikian dilaporkan Straits Times, Jumat (20/08/2021).

Sementara pihak berwenang belum merilis rincian lengkapnya, lockdown ini diperkirakan akan menjadi yang paling ketat yang diberlakukan negara itu sejak pandemi dimulai tahun 2020 lalu.

Menurut laporan media lokal, tentara dan polisi akan diaktifkan untuk membantu menegakkan lockdown dan mengirim perbekalan kepada penduduk kota Ho Chi Minh, sementara unit medis keliling akan merawat pasien di wilayah mereka untuk meringankan beban fasilitas medis.

Perdana Menteri Pham Minh Chinh dikutip oleh media lokal Zing News telah mengatakan kepada para pejabat pada hari Kamis (19 Agustus) bersikap tegas dalam penerapan lockdown ini.

"Jangan ragu lagi, lakukan apa harus segera dilakukan, sama seperti saat berhadapan dengan rumah yang terbakar.”

Perdana Menteri juga meminta seluruh pejabat untuk fokus kepada perbekalan warga saat wajib berdiam diri di rumah selama lockdown.

Sementara terjadi antrean di luar supermarket dan apotek setelah penduduk mengetahui tentang lockdown ketat yang akan datang.

Sebelum pengumuman, mereka sudah mendekam di rumah lebih dari satu bulan di bawah aturan Directive 16.

Langkah pembatasan sosial paling ketat yang sebelumnya berlaku adalah penutupan tempat usaha tidak esensial, melarang pertemuan umum, kerumunan dan membatasi transportasi umum di daerah-daerah yang paling terkena dampak Covid-19. Mereka juga harus tinggal di dalam rumah dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi.

Akhir pekan lalu, polisi menyuruh putar balik kepada massa pekerja migran penganggur yang mencoba meninggalkan kota ke kampung halaman mereka. Banyak yang kehabisan uang untuk membayar sewa dan makanan.

Pada Jumat malam, (20/08/2021) Vietnam mencatat 10.657 kasus baru selama periode 24 jam sebelumnya.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x