Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Warga Timor Leste Dideportase Dari Indonesia

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 19:43 WIB
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV -  Sedikitnya 352 warga asal Timor Leste dikumpulkan di markas Kodim 1605 Belu setelah menyerahkan diri untuk dipulangkan ke negara asal mereka.

Ratusan warga itu sebelumnya masuk ke Negara Indonesia secara ilegal tanpa mengantongi dokumen resmi.

Para warga negara asing tersebut diduga merupakan anggota salah satu perguruan silat yang akan melaksanakan kegiatan di wilayah Kabupaten Belu dan kabupaten lainnya di NTT.

Masuknya ratusan pelintas batas ilegal ini membahayakan situasi Indonesia yang saat ini masih dihantui pandemi covid-19.

Ratusan warga Timor Leste itu kemudian didata oleh petugas Imigrasi secara kolektif untuk selanjutnya berdasarkan kesepatakan kedua Negara, dideportase ke negara mereka karena tidak mengantongi dokumen resmi.

Berdasarkan data, dari 352 pelintas batas ilegal tersebut terdapat 24 wanita dan sisanya merupakan laki-laki.

Sebelumnya, kejadian yang sama pun terjadi pada 10 Agutsus lalu, dimana  sebanyak 113 warga Timor Leste diamankan di Mapolres belu.

Ke-113 warga negara asing itu pun masuk ke Indonesia tanpa mengantongi dokumen resmi dan pada 14 Agustus mereka dideportase.

Petugas perbatasan diminta memperketat penjagaan di lintas batas agar kejadian serupa tidak terulang kembali di kemudian hari.

#deportase #timorleste #wna



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x