Kompas TV regional berita daerah

Warga Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Gunung dan Tengah Laut

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 19:35 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JAWA TIMUR, KOMPAS.TV - Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76. Di Jember Jawa Timur, warga membentangkan bendera merah putih raksasa di atas tebing. Di Bangkalan Jawa Timur, nelayan kibarkan bendera merah putih di tengah laut. Sedangkan, korban banjir lahar hujan gunung semeru di Lumajang menggelar upacara di jembatan gantung.

Warga Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember membentangkan bendera merah putih raksasa sepanjang 150 meter di atas  tebing bukit lampeji dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak, warga harus berhati-hati, karena kemiringan tebing nyaris 45 derajat.

Baca Juga: “Spiderman” Kibarkan Bendera Raksasa & Bersihkan Pantai

Sedangkan ratusan nelayan di Kabupaten Bangkalan mengibarkan bendera merah putih di tengah laut. Mereka menggunakan puluhan perahu untuk bisa mencapai tengah laut yang berjarak 2 kilometer dari tepi pantai. Mereka kemudian menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di gundukan batu, yang dikenal dengan batulayar.

Sedangkan warga Dusun Kebondeli Selatan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di atas jembatan gantung sepanjang 150 meter. Kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur, karena telah dibangun jembatan oleh pemerintah. Selama ini mereka selalu terisolasi saat banjir lahar hujan gunung semeru datang.

Karena masih di masa pandemi Covid-19, peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

 

#BendaraMerahPutih #UpacaraDiGunung #UpacaraDiLaut #



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x