Kompas TV video sinau

Cara Mencuci Helm agar Tidak Menimbulkan Bau yang Tidak Sedap

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 16:18 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS,TV- Helm yang kita kenakan setiap hari, sangat rentan kotor dan menimbulkan bau yang kurang sedap. Karena sering terkena keringat dari kulit kepala dan rambut yang kotor. Apalagi kalau basah terkena hujan, tidak lansgsung dicuci maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Maka helm yang kita pakai untuk berkendara, harus dirawat dengan baik, agar tetap bersih dan nyaman ketika dipakai. Nah! berikut adalah cara untuk mencuci helm yang benar:

1.Pisahkan Bagian Helm

Copot kaca helm atau visor helm, copot juga busa bagian dalam. Jika ada bagian yang tidak bisa dilepas jangan dipaksa untuk dilepas.

2.Bersihkan Permukaan Helm

Bersihkan kaca helm atau visor, dengan kain lembut, kemudian selanjutnya lakukan hal yang sama pada bagian permukaan luar helm. Jika sudah semprotkan cairan khusus untuk pembersih helm. Kemudian lap dengan kain lembut.

3.Cuci Busa Helm

Busa yang sudah dilepas tadi, direndam dengan deterjen selama 30 menit, agar kotorannya luntur. Setelah direndam bilas sampai bersih, tapi tidak usah diperas. Agar tidak merusak busa helm tersebut.

4. Jemur dan Keringkan

Untuk busanya, bisa dijemur di tempat dengan cahaya matahari yang cukup. Kalau sinar mataharinya kurang bisa menimbulkan bau dan lembap, selain itu busanya juga bisa rusak.

5.Semprot Disinfektan & Parfum

Jika hal di atas sudah dilakukan semua pastikan sudah benar benar kering, maka terakhir pasang semua bagian dengan perlahan. Semprot disinfektan dan semprotkan juga parfum agar bersih dan wangi.

Baca Juga: Tips Mencuci dan Menghilangkan Bau Makanan di Wadah Plastik

https://www.kompas.tv/article/194777/tips-mencuci-dan-menghilangkan-bau-makanan-di-wadah-plastik 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x