Kompas TV internasional kompas dunia

Izinkan Warga Sipil Afghanistan Dievakuasi, Amerika Tetap Awasi Gerak-Gerik Taliban

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 17:01 WIB
Penulis : Theo Reza

NEWYORK, KOMPAS.TV - Departemen Luar Negeri mengatakan telah mengirim John Bass, mantan duta besar untuk Afghanistan untuk mengelola operasi evakuasi di Kabul.

Taliban telah setuju untuk mengizinkan "jalan aman" dari Afghanistan bagi warga sipil yang berjuang untuk bergabung dengan pengangkutan udara yang diarahkan AS dari ibukota

“Kami telah menerima jaminan dari Taliban bahwa mereka akan mengizinkan perjalanan yang aman bagi warga sipil yang transit ke bandara,”ujar Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price

Pihaknya telah menerima informasi selama berhari-hari terkait perkembangan di Afghanistan. Meski begitu berbagai tindakan, perilaku hingga perlakuan khusunya kepada perempuan akan selalau diawasi.

Pengangkutan udara kembali ke jalur dan dipercepat meskipun ada masalah cuaca, di tengah komunikasi reguler dengan para pemimpin Taliban.

Pasukan AS tambahan tiba dan lebih banyak lagi sedang dalam perjalanan dengan total lebih dari 6.000 diperkirakan akan terlibat dalam mengamankan bandara dalam beberapa hari mendatang.

Selain Departemen Luar Negeri mengirim duta besar Bass, Pentagon mengatakan akan mengirim Mayor Jenderal Christopher Donohue, seorang perwira operasi khusus dan komandan Divisi Lintas Udara ke-82 saat ini, untuk mengambil alih komando operasi udara.

Video Editor: Laurensius Galih

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x