Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Covid-19 Sasar Penduduk Karimunjawa

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 12:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - TNI Angkatan Laut menggelar vaksinasi Covid-19 untuk berbagai kalangan usia di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Sebanyak 2.000 dosis vaksin disiapkan sebagai program pemerintah dalam upaya penuntasan vaksinasi di pulau-pulau terpisah.

Program serbuan vaksinasi di Pulau Karimunjawa ini mengerahkan ratusan personel sebagai vaksinator dari siswa Sekolah Pendidikan Spesialis Perwira (Spespa) TNI Angkatan Laut. Antusiasme warga sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, terlihat dari padatnya antrean yang datang di Puskesmas Karimunjawa. Tercatat sebanyak 2.000 warga  dari berbagai kalangan usia turut dalam  vaksinasi dosis satu dan kedua.

Serbuan vaksinasi di Pulau Karimunjawa dipilih TNI Angkatan Laut selain sebagai lokasi terdekat saat latihan perang, agar pariwisata di Pulau Karimunjawa segera dibuka kembali.

"Dilaksanakan serbuan vaksin ini adalah kurang lebih sekitar 2.000 dosis, jadi dibagi menjadi dua hari kegiatan, kita melaksanakan aktifitas vaksinasi ini selama dua hari untuk target 2.000 dosis untuk seluruh masyarakat maritim yang berada di Kepulauan Karimunjawa, jadi seluruh masyarakat boleh divaksinasi disini, tentunya dengan membawa surat keterangan dari pemerintah daerah," kata Brigjen TNI (Mar) Suherlan, Wadirlat Armada Jaya XXXIX/2021.

Pemerintah Kabupaten Jepara menargetkan 70 persen dari total jumlah penduduk Karimunjawa segera mendapat vaksinasi. Harapannya agar perekonomian di dunia pariwisata kembali bergeliat. Karena Karimunjawa menjadi destinasi wisata dan sebagian besar masyarakat setempat menjadikannya sebagai sumber perekonomian.

"Untuk percepatan vaksinasi ini adalah selain kita upayakan puskesmas kita berharap tiap hari buka, berapapun itu pasien yang datang untuk meminta vaksinasi. Disamping itu dukungan vaksin seperti gebrakan ini juga kita dukung tetapi kita juga harus tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Mudrikatun, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara.

Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Jepara untuk meningkatkan vaksinasi di Karimunjawa. Selain meminta puskesmas untuk buka hingga malam hari guna melayani vaksinasi Covid-19, para lansia yang tidak dapat datang untuk memperoleh vaksin akan diupayakan dengan cara jemput bola.

#vaksinasi #karimunjawa #tniangkatanlaut



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x