Kompas TV internasional kompas dunia

Penerbangan Kembali Berlangsung di Bandara Kabul, Afghanistan, Setelah Kemarin Kusut dan Kacau

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 16:37 WIB
penerbangan-kembali-berlangsung-di-bandara-kabul-afghanistan-setelah-kemarin-kusut-dan-kacau
Penerbangan militer untuk mengevakuasi diplomat dan warga sipil dari Afghanistan dimulai kembali pada Selasa (17/08/2021) (Sumber: Straits Times via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

 

KABUL, KOMPAS.TV - Penerbangan militer untuk mengevakuasi diplomat dan warga sipil dari Afghanistan dimulai kembali sehari setelah Taliban merebut ibu kota. Kondisi landasan pacu bandara internasional Hamid Karzai di Kabul telah dibersihkan dari ribuan orang yang putus asa untuk keluar dari negara itu, seperti dilansir Straits Times, Selasa, (17/08/2021).

Kemarin, kekacauan sempat terjadi di bandara setelah polisi AS melepaskan tembakan untuk membubarkan massa. Insiden ini diwarnai tindakan nekat sebagian orang yang berusaha berpegangan pada sebuah pesawat angkut militer AS yang tengah lepas landas. 

Namun kini jumlah warga sipil di bandara telah jauh berkurang, kata seorang petugas keamanan Barat di bandara. "Banyak orang yang kemarin di sini sudah pulang," kata pejabat itu.

Bagaimanapun, tembakan masih sesekali terdengar dari arah bandara. Sementara jalan-jalan di tempat lain di Kabul tampak tenang.

Sejak Afghanistan jatuh ke tangan Taliban, sejumlah negara menarik pejabat dan pegawai kedutaannya dari negara itu. India termasuk di antaranya. Cuitan dalam akun Twitter juru bicara Kementerian Luar Negeri India berisi informasi upaya evakuasi sejumlah pejabat kedutaan besar, termasuk Duta Besar, India di Kabul. 

"Mengingat keadaan yang ada, telah diputuskan duta besar kami di Kabul dan stafnya akan segera pergi ke India," begitu bunyi cuitan di akun Twitter Arindam Bagch hari Selasa ini. Arindam merupakan juru bicara Kemenlu India.

Baca Juga: Investasi Miliaran Dolar 2 Dekade AS pada Tentara Afghanistan Sia-Sia, Kini Justru Diambil Taliban

Sejumlah personel kelompok pemberontak Taliban tampak berjaga di depan Bandara Internasional Hamiz Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021). (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul)

Amerika Serikat mengambil alih kendali lalu lintas udara Bandara yang dibuka kembali pukul 19.35 GMT pada hari Senin (03.35 Selasa waktu Jakarta). Tidak hanya penerbangan komersial, kendali juga meliputi penerbangan militer.

Sejumlah media dalam laporannya mengutip pernyataan Mayor Jenderal Hank Taylor, spesialis logistik pada Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Washington DC.

Mayor Jenderal Hank Taylor mengatakan ada sekitar 2.500 tentara AS di Kabul. Mereka membantu evakuasi personel AS dan warga Afghanistan yang bekerja untuk mereka. Dalam laporan media itu akan ada tambahan lebih banyak tentara yang diperkirakan tiba di Bandara Kabul.

Evakuasi ini sempat tertunda hampir sepanjang Senin lalu. Hampir seluruh penerbangan ditunda. Bahkan kericuhan yang terjadi waktu itu menelan sedikitnya lima orang korban tewas. Tak jelas, mereka ditembak atau terinjak-injak saat kerusuhan terjadi.

Media melaporkan dua orang tewas setelah jatuh dari bagian bawah pesawat militer AS yang lepas landas. Mereka jatuh melayang lalu tewas tercerai berai di atap rumah dekat bandara.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters, seperti dikutip Straits Times, tentara AS yang menjaga Bandara menembak mati dua pria bersenjata yang tampaknya menembak ke arah kerumunan di dalam bandara.

Baca Juga: Rusia Klaim Presiden Ashraf Ghani Tinggalkan Afghanistan dengan 4 Mobil dan 1 Helikopter Penuh Uang

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden saat menyampaikan ancamannya terkait evakuasi AS dari bandara internasional Kabul, Afghanistan, dalam pidato di Gedung Putih, Washington, AS, Senin (16/8/2021). (Sumber: US Network Pool via AP)



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x