Kompas TV nasional berita utama

Fokus Tangani Pandemi, Jokowi: Perhatian Terhadap Agenda Besar Menuju Indonesia Maju Tak Berkurang

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 14:05 WIB
fokus-tangani-pandemi-jokowi-perhatian-terhadap-agenda-besar-menuju-indonesia-maju-tak-berkurang
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kemerdekaan dalam rangka Hut Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD, Jakarta, Senin (16/8/2021). (Sumber: AGUS SUPARTO FOTOGRAFER JOKOWI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo memastikan walaupun pemerintah berkonsentrasi dalam menangani permasalahan kesehatan, tetapi perhatian terhadap agenda-agenda besar menuju Indonesia Maju tidak berkurang sedikit pun.

Demikian pernyataan Presiden Jokowi dalam Pidato Dalam Rangka Hut Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, Senin (16/8/2021).

“Walaupun kita sangat berkonsentrasi dalam menangani permasalahan kesehatan, tetapi perhatian terhadap agenda-agenda besar menuju Indonesia Maju tidak berkurang sedikit pun,” tegas Presiden Jokowi.

“Pengembangan SDM berkualitas tetap menjadi prioritas. Penyelesaian pembangunan infrastruktur yang memurahkan logistik, untuk membangun dari pinggiran dan mempersatukan Indonesia, terus diupayakan.” 

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut RAPBN 2022 untuk Kesehatan Sebesar Rp 255,3 Triliun

Tak hanya itu, lanjutnya, reformasi struktural dalam rangka memperkuat pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tetap menjadi agenda utama.

“Pandemi telah mengajarkan kepada kita untuk mencari titik keseimbangan antara gas dan rem, keseimbangan antara kepentingan kesehatan dan perekonomian,” ujarnya.

Dalam mengambil keputusan, kata Jokowi, pemerintah harus terus merujuk kepada data, serta kepada ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru. Pemerintah harus selalu tanggap terhadap perubahan keadaan, dari hari ke hari secara cermat.

“Tujuan dan arah kebijakan tetap dipegang secara konsisten, tetapi strategi dan manajemen lapangan harus dinamis menyesuaikan permasalahan dan tantangan,” katanya.

Baca Juga: Siapkan Anggaran Pendidikan Rp541,7 Triliun, Jokowi: Untuk Tingkatkan Produktivitas dan Kualitas SDM



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x