Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Jawab Kritikan PPKM Sebagai Kebijakan Tak Konsisten

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 10:58 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Jokowi menjelaskan alasan kebijakan PPKM yang dipilih oleh pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Penerapan PPKM diperpanjang jangka pendek dan rata-rata dilanjutkan setiap minggu dengan peraturan yang berubah-ubah sehingga dikritik sebagai kebijakan yang tak konsisten.

Presiden Jokowi pun menjawab kritikan ini dalam pidato sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPR pada 16 Agustus 2021.

"Tujuan dan arah kebijakan tetap dipegang secara konsisten, tetapi strategi dan manajemen lapangan harus dinamis menyesuaikan permasalahan dan tantangan," kata Jokowi.

Baca Juga: Terkuak! Alasan Jokowi Pakai Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan MPR 2021

"Pengetatan dan pelonggaran mobilitas masyarakat, misalnya, harus dilakukan paling lama setiap minggu, dengan merujuk kepada data terkini. Mungkin hal ini sering dibaca sebagai kebijakan yang berubah-ubah, atau sering dibaca sebagai kebijakan yang tidak konsisten. Justru itulah yang harus kita lakukan, untuk menemukan kombinasi terbaik antara kepentingan kesehatan dan kepentingan perekonomian masyarakat," lanjut Jokowi.

Jokowi pun mengatakan kebijakan ini seiring dengan virus Covid-19 yang slealu berubah dan bermutasi sehingga kebijakan juga berubah sesuai dengan tantangan yang dihadapi.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x