Kompas TV nasional peristiwa

Penanganan Covid-19 di Bogor, Luhut Minta Pemkab Naikkan Target Vaksinasi Jadi 100 Ripu per Hari

Kompas.tv - 15 Agustus 2021, 06:45 WIB
penanganan-covid-19-di-bogor-luhut-minta-pemkab-naikkan-target-vaksinasi-jadi-100-ripu-per-hari
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta Pemerintah Kabupaten Bogor dapat mempercepat proses vaksinasi Covid-19. 

Hal ini disampaikan Menko Marves saat mengunjungi beberapa Sentra Vaksinasi dan Pusat Isolasi Terpadu di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/8/2021).

"Saya tadi sampaikan kepada Bu Ade (Bupati Bogor) karena jumlah yang akan divaksin itu 4,2 juta, dan baru tervaksin 900 ribu. Kita mau sampai nanti akhir September, kalau bisa dan harus bisa 70% sudah divaksin," kata Luhut dalam keterangan tertulis yang dikutip Minggu (15/8/2021).

Luhut kemudian meminta Bupati Bogor Ade Yasin untuk dapat menaikkan target vaksinasi Covid-19 menjadi 100 ribu per hari mulai minggu depan. 

"Untuk itu jumlah yang divaksin secara bertahap mulai minggu depan kita harus bisa mendekati 100.000 ribu per hari, itu kerja keras dari Bu Ade dan vaksin dari Pak Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin)," tegas Luhut.  

Luhut menambahkan, vaksinasi sangat penting dalam mencegah Covid-19, khususnya ditengah kemunculan varian baru yaitu varian Delta.

Mengingat, lanjut dia, banyak orang yang terpapar Covid-19 varian delta tingkat kematiannya kecil karena sudah divaksinasi, kematian tinggi terjadi terhadap orang yang belum mendapatkan suntikan vaksinasi. 

Baca Juga: Menteri Luhut Minta Pemda Tidak Tutupi Angka Kasus Corona

Selain itu, Luhut menyarankan agar Pemda Kabupaten Bogor memberikan perhatian khusus vaksinasi bagi ibu hamil.

Dalam penanganan Covid-19 di Bogor, selain vaksinasi, Luhut juga meminta kepada Ade Yasin untuk menambah lagi Isolasi Terpadu (Isoter). 

Dia juga meminta agar 3T ( testing, tracing, treatment ) dapat digencarkan. Sementara untuk masyarakat Luhut mengimbau agar dapat terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker. 

"Jadi kalau kita lakukan itu semua, kita akan bisa hidup bernavigasi dipadang delta varian ini. Kita belum tahu berapa tahun lagi delta varian ini hadir, atau mungkin juga tidak akan habis," ujarnya. 

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang juga turut mendampingi Luhut dalam kunjungan tersebut mengaku siap memfasilitasi dan mengirimkan jumlah vaksin Covid-19 yang dibutuhkan Kabupaten Bogor.

Namun Budi menekankan agar vaksinasi dapat mencapai target yang diharapkan kuncinya adalah kerjasama yang baik antara Dandim, Kapolres, dan Pemerintah setempat.

"Jadi kalau bisa kerjasama, saya tahu reputasinya Bu Ade semua tentara dan Polri itu bisa nurut sama bu Ade, saya yakin kalau itu bisa dikejar targetnya Presiden RI tiga juta dosis pertama di akhir September akan tercapai," ungkap Budi. 

Baca Juga: Jubir Luhut: Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Masuk Mal, Bukan Tempat Ibadah



Sumber : Kompas TV/Laman Kabupaten Bogor


BERITA LAINNYA



Close Ads x