Kompas TV nasional peristiwa

Terima Kontingen Olimpiade Tokyo di Istana, Jokowi: Saya Bangga atas Perjuangan Saudara-Saudara

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 13:00 WIB
terima-kontingen-olimpiade-tokyo-di-istana-jokowi-saya-bangga-atas-perjuangan-saudara-saudara
Presiden Joko Widodo Terima Kedatangan Para Atlet Olimpiade Tokyo 2020, Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (13/8/2021) (Sumber: Dok. YouTube Sekretariat Presiden )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan kontingen Indonesia yang berlaga di ajak Olimpiade Tokyo 2020 pada hari ini, Jumat (13/8/2021), di Istana Kepresidenan, Bogor.

Dalam sambutannya, Kepala Negara ini bersyukur karena para atlet, pelatih, dan tim tiba di Tanah Air dalam keadaan sehat dan selamat.

Jokowi mengaku bangga atas kerja keras dan perjuangan para atlet dalam ajang pesta olahraga bangsa-bangsa di dunia tersebut.

"Saya beserta seluruh rakyat sangat bangga atas perjuangan, atas kerja keras yang telah Saudara-saudara lakukan di Tokyo, dan sangat mengapresiasi hasil medali yang telah diraih, tadi sudah disampaikan oleh Pak Menpora," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo ini mengucapkan selamat kepada para peraih medali di Olimpiade Tokyo, baik emas, perunggu, maupun perak.

Tak lupa, dia juga berterima kasih kepada seluruh atlet, para pelatih, para ofisial, para pendamping, dan Chef de Mission, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Jepang, serta berbagai pihak yang telah menyukseskan perhelatan besar ini.

Secara khusus Jokowi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada ganda putri, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang berhasil melanjutkan tren medali emas di ajang dunia tersebut. 

Baca Juga: Beri Sinyal Pensiun Usai Menangi Olimpiade Tokyo, Begini Penjelasan Greysia Polii

"Dan juga terima kasih atas medali emas yang diberikan oleh bulutangkis ganda putri. Ini melanjutkan tradisi medali emas Indonesia di Olimpiade dari cabang bulutangkis," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Presiden juga memberikan penghargaan kepada para peraih medali berupa bonus, seperti yang telah dijanjikan oleh pemerintah sebelumnya. 

"Atas prestasi yang Saudara-saudara raih, pemerintah memberikan penghargaan berupa bonus, tapi mungkin angkanya tidak perlu saya sebut. Apakah perlu saya sebut? Karena situasinya pandemi. Tapi enggak apa-apa ya, saya sebut ya," jelasnya.

Menurut pemaparannya, atlet yang berhasil meraih medali emas mendapatkan bonus tertinggi mencapai Rp 5,5 miliar. Sementara untuk peraih medali perak Rp2,5 miliar, kemudian peraih medali perunggu Rp1,5 miliar. 

"Bonus juga diberikan kepada para pelatih, kemudian juga para atlet non-peraih medali juga diberikan. Ya cukup gede tapi enggak usah saya sebut," ungkapnya. 

Jokowi berharap prestasi yang diraih para atlet yang beraksi di Olimpiade Tokyo ini dapat menjadi inspirasi, teladan, dorongan dan motivasi bagi para atlet dan semua masyarakat agar terus bekerja keras, berprestasi, dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Baca Juga: Bonus dari Presiden Untuk Para Atlet di Olimpiade Tokyo, Segini Nilainya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x