Kompas TV regional peristiwa

Dua Hari Hujan Abu Vulkanik Gunung Merapi Guyur Wilayah Kabupaten Magelang

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 11:35 WIB
dua-hari-hujan-abu-vulkanik-gunung-merapi-guyur-wilayah-kabupaten-magelang
Ilustrasi Gunung Merapi memuntahkan awan panas guguran. (Sumber: Dok. BPPTKG)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

MAGELANG, KOMPAS.TV - Awan panas guguran Gunung Merapi mengakibatkan hujan abu turun di sebagian wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sejak Rabu (11/8/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, Edi Wasono mengatakan hujan abu tipis terjadi di lima kecamatan, yakni Dukun, Srumbung, Salam, Muntilan, dan Mungkid.

Pada Kamis (12/8/2021) pukul 01.53 WIB, awan panas guguran Gunung Merapi tercatat di seismogram dengan amplitudo 57 mm dan durasi 232 detik.

Jarak luncur 3.000 meter ke arah barat daya.

Edi menyebutkan sedikitnya ada tujuh desa/kelurahan yang terdampak hujan abu tersebut, yakni Kecamatan Dukun di Desa Krinjing, Kecamatan Srumbung di Desa Srumbung dan Desa Pucanganom, Kecamatan Salam di Desa Gulon.

Kemudian di Kecamatan Muntilan di Desa Gunungpring dan Kecamatan Mungkid di Desa Sawitan dan Kelurahan Mendut.

Baca Juga: Hujan Abu Vulkanik Erupsi Gunung Merapi

Kata Edi, hujan abu tipis tersebut tak mengganggu aktivitas masyarakat, masih terpantau aman.

Seperti diberitakan Antara, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut jarak luncur awan panas guguran Gunung Merapi masih berada dalam rekomendasi daerah potensi bahaya yang sudah ditetapkan: sejauh tiga kilometer dari puncak di alur Kali Woro, dan lima kilometer dari puncak untuk alur Kali Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Tingkat aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini masih tinggi. Erupsi ekslosif masih berpeluang terjadi dengan ancaman bahaya berupa lontaran material vulkanik dalam radius tiga kilometer dari puncak Merapi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x