Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Penting Diketahui! Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum, Saat, dan Setelah Menerima Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 16:17 WIB
penting-diketahui-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-saat-dan-setelah-menerima-vaksin-covid-19
Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum, saat, dan setelah menerima vaksin Covid-19. (Sumber: Bimo Wicaksana / Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hingga kini, pemerintah di setiap daerah masih menggencarkan percepatan vaksinasi Covid-19, salah satu tujuannya, yaitu demi mencapai herd immunity atau kekebalan tubuh komunal.

Pasalnya, seseorang yang telah mendapatkan vaksin dapat mengurangi tingkat keparahan akibat tertular Covid-19.

Tidak hanya itu, vaksin juga diyakini sebagai benteng pertahanan agar dapat melindungi diri sendiri dan juga orang lain dari paparan Covid-19.

Bahkan, melalui vaksin secara tidak langsung kita berperan untuk menghentikan pandemi hingga mencegah virus corona menyebar dan bereplikasi, yang memungkinkannya bermutasi dan mungkin menjadi lebih kebal terhadap vaksin.

Sebelum, saat, bahkan sesudah pemberian vaksin Covid-19, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan perhatikan.

Baca Juga: Ikuti Saran Luhut, Kini Malioboro Ditetapkan Sebagai Kawasan Wajib Vaksin

Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum, saat, dan setelah menerima vaksin Covid-19 sebagaimana dilansir dari laman unicef.org:

Sebelum menerima vaksin

1. Cari tahu informasi akurat.

Terdapat begitu banyak informasi keliru tentang vaksin di dunia maya. Sangat penting bahwa kita selalu merujuk kepada informasi dari sumber-sumber terpercaya seperti Kementerian Kesehatan, UNICEF, dan WHO.

Anggota masyarakat yang ragu tentang kondisinya  dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang boleh atau tidak menerima vaksin.

Saat ini, secara umum, seseorang dengan kondisi berikut sebaiknya tidak menerima vaksin Covid-19 demi menghindari kejadian ikutan pasca vaksinasi (KIPI):

  • Orang dengan riwayat reaksi alergi berat terhadap kandungan vaksin Covid-19
  • Orang yang sedang sakit atau sedang mengalami gejala Covid-19 (vaksinasi dapat dilakukan setelah sembuh dan dengan persetujuan dokter).

2. Berkonsultasi dengan dokter.

Orang yang pernah mengalami reaksi alergi berat setelah menerima vaksin, atau memiliki obat yang dikonsumsi secara rutin, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengikuti program vaksinasi.

Pastikan tubuh dalam kondisi bugar. Beristirahat dan minumlah air putih yang cukup agar Anda merasa bugar pada hari vaksinasi.

Baca Juga: Satgas: Ibu Hamil Usia Kandungan di atas 13 Pekan Bisa Vaksinasi Covid-19

Saat menerima vaksin

1. Ikuti protokol kesehatan.

Pastikan Anda selalu mengikuti aturan kesehatan pada lokasi vaksinasi, misalnya menjaga jarak saat menunggu panggilan atau mengenakan masker.

2. Berterus terang tentang kondisi diri sendiri.

Sampaikan kepada tenaga kesehatan jika Anda memiliki kondisi yang harus diperhatikan, seperti sedang mengandung atau mengalami gangguan kekebalan tubuh.



Sumber : Kompas TV/Unicef


BERITA LAINNYA



Close Ads x