Kompas TV regional berita daerah

Gunung Merapi Kembali Semburkan Abu Vulkanik

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 10:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPASTV - Hujan abu vulkanik kembali mengguyur wilayah Magelang, Jawa Tengah, Selasa pagi (10/08/2021). Abu vulkanik yang mengguyur kali ini masuk kategori tipis dan wilayah yang terdampak hanya berada di sisi barat lereng Gunung Merapi. 

Salah satu wilayah yang terdampak akibat guyuran abu vulkanik yakni di Objek Wisata Ketep Pass di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Magelang. Abu vulkanik terlihat di lantai, serta pepohonan yang berada di ruang terbuka. 

Menurut petugas Ketep Pass, Kusratno, abu vulkanik yang mengguyur di kawasan tersebut berlangsung hanya sekitar 15 menit. Guyuran abu vulkanik ini masih tergolong tipis dan terjadi sekitar pukul 06:00 hingga pukul 07:00, Selasa pagi. 

Hujan abu vulkanik ini meskipun tidak tebal, namun dirasa cukup mengganggu. Abu vulkanik langsung dibersihkan agar tidak mengganggu pernafasan. Guyuran hujan abu vulkanik ini terjadi untuk kali kedua dalam tiga hari terakhir. "Meski tidak tebal, namun cukup mengganggu yaa, bikin kotor, selain itu juga merusak tanaman tembakau milik petani yang ada di sekitaran lereng Merapi", katanya. 

Warga dihimbau untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari abu vulkanik, yang bisa mengakibatkan infeksi saluran pernafasan serta iritasi pada mata. 

#erupsimerapi #keteppass #abuvulkanik

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x