Kompas TV internasional kompas dunia

Wow, Pabrik Percetakan Koin Tertua di Dunia Ditemukan di Henan, China

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 19:18 WIB
wow-pabrik-percetakan-koin-tertua-di-dunia-ditemukan-di-henan-china
Pabrik percetakan koin tertua di dunia yang berasal dari sekitar 2.500 tahun silam ditemukan di Provinsi Henan, China tengah, seperti dilansir Xinhua, Selasa, (10/08/2021) (Sumber: Photo: Z. QU. Figure H. ZHAO)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

ZHENGZHOU, KOMPAS.TV - Pabrik percetakan koin tertua di dunia yang berasal dari sekitar 2.500 tahun silam ditemukan di Provinsi Henan, China tengah, seperti dilansir Xinhua, Selasa, (10/8/2021)

Tim arkeolog China menggunakan penanggalan radiokarbon memastikan pabrik percetakan perunggu yang ditemukan di reruntuhan Guanzhuang di Kota Xingyang, bagian barat Zhengzhou, ibu kota Provinsi Henan, mulai mencetak uang logam standar sekitar tahun 640-550 SM (sebelum masehi).

Hal tersebut menjadikannya pabrik pembuatan koin tertua di dunia yang diketahui sejauh ini.

Selama proyek ekskavasi lanjutan, empat jenis peninggalan yang terkait dengan pembuatan koin ditemukan di situs tersebut.

"Peninggalan itu terdiri dari beberapa koin jadi, cetakan koin yang digunakan dan tidak digunakan, serta cetakan bagian luar koin," kata Han Guohe, profesor arkeologi di Universitas Zhengzhou.

Para arkeolog juga menemukan beberapa lubang tempat pembuangan sejumlah besar limbah percetakan perunggu, dengan dua koin logam jadi ditemukan di salah satu lubang.

Menurut Ketua Tim Ekskavasi Arkeologi, Gao Xiangping, koin-koin tersebut diyakini mata uang yang beredar Zaman Musim Semi dan Musim Gugur (770-476 SM) dan Zaman Negara-Negara Berperang (475-221 SM).

"Inibsalah satu koin logam tertua di China," imbuh Gao Xiangping. 

Baca Juga: Ditemukan Koin Arab Kuno yang Diyakini Dapat Ungkap Pembajakan Kapal Jamaah Haji Ratusan Tahun Silam

Inti tanah liat yang tidak digunakan untuk casting koin persegi dan koin SP-2. (Sumber: H. Zhao)

Han menjelaskan, penemuan baru di situs pabrik tersebut tidak hanya memberikan latar belakang arkeologi yang jelas untuk kajian tentang waktu persis pembuatan mata uang, tetapi juga membantu merefleksikan mekanisme sosial dan ekonomi selama perkembangan uang logam. 

Reruntuhan Guanzhuang, yang pertama kali digali pada tahun 2010, merupakan situs kota lengkap yang dibangun sekitar tahun 800 SM pada era Dinasti Zhou Barat, dan ditinggalkan sekitar tahun 450 SM.

Sebuah area pabrik kerajinan tangan yang luas ditemukan di situs tersebut, tempat berbagai kegiatan kerajinan tangan termasuk pencetakan perunggu, pembuatan tembikar, dan produksi artefak tulang dilakukan.

Makalah penelitian tentang pabrik percetakan koin ini telah dipublikasikan di Antiquity, jurnal penelaahan sejawat arkeologi dunia. 



Sumber : Kompas TV/Xinhua


BERITA LAINNYA



Close Ads x