Kompas TV regional berita daerah

Warga Desa Gotong Royong Hadapi Covid-19, Dirikan Dapur Umum Mandiri

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 12:31 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Jumlah warga Dusun Kendalan, Desa dan Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember Jawa Timur, yang meninggal karena terinfeksi Covid-19 bertambah menjadi 4 orang. Sedangkan 45 warga lainnya harus menjalani isolasi mandiri, karena juga terinfeksi Covid-19.

Kepala Kampung, Didik Sukandar menjelaskan bahwa untuk menghindari penularan, warga memperketat aktivitas keluar masuk perkampungan dengan cara menutup pintu masuk kampung menggunakan portal dan poster. Warga juga rutin diperiksa kesehatannya dan melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri.

Baca Juga: Vaksinasi Gotong Royong untuk Individu Resmi Digratiskan

Warga juga membuka dapur umum untuk pemenuhan kebutuhan pangan warga yang menjalani isolasi mandiri. Untuk dana dapur umum berasal dari swadaya masyarakat dan donatur.

Kepala Desa Semboro, Antoni mengatakan bahwa dapur umum menyediakan 135 nasi bungkus untuk memenuhi kebutuhan makan tiga kali sehari. Selain itu, warga juga bergotong royong membagikan suplemen dan vitamin serta memberikan semangat kepada warga yang isolasi mandiri.

Baca Juga: Mulai Beroperasi, Ini Syarat dan Cara Akses Rumah Oksigen Gotong Royong

Gotong royong semacam ini sangat diperlukan untuk menghadapi Covid-19 dengan berbagai varian barunya. Pasalnya, dengan gotong royong, permasalahan yang dihadapi akan lebih ringan.

 

#GotongRoyong #BersamaMelawanCovid-19 #KlasterPedesaan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x