Kompas TV regional berita daerah

Mengintip Karya Seniman Lukis Bermedia Daun

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 10:47 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Seorang pemuda dengan tangan kreatifnya mampu menyulap daun kering menjadi lukisan yang bernilai seni di Bandar Lampung.

Pemuda bernama Dedi ini, telah dua bulan menggeluti aktivitas barunya menjadi seorang seniman lukis. Dedi yang sebelumnya bekerja sebagai buruh lepas terpaksa banting setir, guna memenuhi kebutuhan hidup ia dan keluarga di tengah pandemi.

“Baru dua bulan ini, sebelumnya aku buruh. Ya karena lagi pandemi terus PPKM juga, jadi berseni aja.” Ujar Dedi.

Baca Juga: Polda Lampung Sediakan 15 Ton Oksigen Gratis

Bukan sembarang lukisan yang ia buat, Dedi memanfaatkan limbah daun yang disulap menjadi berbagai wajah tokoh dan publik figur.

Proses pembuatan seni lukis dengan media daun ini terbilang cukup rumit. Lantaran butuh keteliatan, kejelian, dan ketelatenan untuk menyelesaikan satu seni lukis menggunakan media daun.

Proses yang dilakukan untuk menghasilkan satu seni lukis unik ini, ialah dengan membersihkan limbah daun. Kemudian, daun yang sudah bersih dibuat sketsa sesuai objek yang akan dilukis dengan menggunakan pensil. Sketsa inilah yang kemudian secara perlahan di bentuk menggunakan pisau kater.

Baca Juga: Kurangi Mobilitas. Jalan Protokol Kembali disekat

Tidak hanya melukis dengan media daun, Dedi juga mampu menciptakan lukisan indah menggunakan media kertas atau kanvas.

Dari hasil lukisan uniknya itulah, ia berhasil meraup pundi-pundi rupiah. Biasanya dalam satu seni lukis media daun yang sudah diberi bingkai, Dedi mematok harga mulai dari 100 ribu rupiah, bergantung dari tingkat kerumitan pembuatan dari orang yang memesan.

#pemudakreatif #senimanlukisdaun #bandarlampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x